Studi Banding Pengurus OSIS SMA Ar Rohmah Ke Pondok Modern Gontor Ponorogo

Guna meningkatkan kualitas manajemen organisasi, dan juga pengembangan program bahasa di lingkungan SMA Ar Rohmah, pengurus OSIS SMA Ar Rohmah melakukan studi banding ke Pondok Modern Gontor di Ponorogo, Jawa Timur. Kegiatan yang melibatkan tiga puluh tujuh pengurus OSIS ini dilaksanakan pertengahan September 2019 kemarin. Ikut serta beberapa orang guru dalam rombongan sebagai pendamping.

Dalam studi banding ini, para pengurus OSIS SMA Ar Rohmah, ingin belajar bagaimana cara mengelola organisasi siswa dengan benar dan baik. Usia Pondok Modern Gontor yang berada pada kisaran sembilan puluhan tahun, diantaranya ditopang oleh kematangan organisasi santri yang menjadi salah satu aspek penting di dalamnya. Hal tersebut membuat organisasi santri di Gontor layak untuk menjadi referensi pengembangan pengelolaan organisasi siswa. Para pengurus OSIS berharap mampu menggali hal-hal positif dari organisasi santri di Gontor untuk diterapkan di lingkungan SMA Ar Rohmah

Tiba di Pondok Gontor, para pengurus OSIS SMA Ar Rohmah diterima oleh para pengurus harian Ikatan Pelajar Pondok (IPP) Gontor, semacam OSIS. Setelah acara seremonial penyambutan oleh tuan rumah, dilanjutkan diskusi dan dialog antara pengurus OSIS SMA Ar Rohmah dengan pengurus IPP Gontor. Banyak hal yang ditanyakan para pengurus OSIS SMA Ar Rohmah, mulai dari sistem organisasi IPP Gontor, program-program pengembangan organisasi siswa, pelaksanaan lingkungan bahasa, dan juga aspek-aspek lainnya terkait dunia santri. Diskusi antar pengurus organisasi siswa berlangsung santai, gayeng, meskipun tema-tema yang dibicarakan serius dan penting.

Menurut Ustadz Mawardi, ketua rombongan studi banding, dipilihnya Pondok Modern Gontor sebagai tempat studi banding karena pengalaman mereka dalam mengelola dan mengembangkan organisasi siswa sudah diakui keberhasilannya. “Pondok Gontor memiliki ribuan santri, dan sebagian besar kegiatan di pesantren di kelola para santri. Harapan saya, tentu saja, para pengurus OSIS SMA Ar Rohmah dapat menimba pengetahuan dan pengalaman dari para pengurus IPP Gontor”, jelas beliau. (ardi).