MPLS SMP-SMA Ar Rohmah 2019; Jalin Ukhuwah Tebarkan Semangat Untuk Masa Depan Penuh Berkah

Sebagaimana umumnya siswa baru di sekolah lain, para siswa baru kelas VII dan X di lingkungan SMP-SMA Ar Rohmah juga wajib mengikuti pelaksanaan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah), pada 15-20 Juli 2019. Sebanyak 180 siswa SMP Ar Rohmah, dan 98 siswa SMA Ar Rohmah selama satu pekan dikenalkan dengan semua hal yang terdapat di lingkungan sekolah mereka masing-masing. Tema yang diangkat pada MPLS tahun ini adalah “Jalin Ukhuwah Tebarkan Semangat Untuk Masa Depan Penuh Berkah”.

Materi-materi yang diberikan dalam MPLS diantaranya terkait dengan aspek kurikulum, kesiswaan, adab-adab, tata tertib, dan juga pengenalan potensi diri masing-masing siswa. Harapannya, setelah mengetahui seluk beluk tentang sekolah, para siswa baru merasa nyaman dengan lingkungan sekitar, mengetahui apa saja yang harus dilakukan, dan semakin kuat motivasi untuk berprestasi.

Pelaksanaan MPLS SMP Ar Rohmah terpusat di aula sekolah. Namun setiap pagi, para siswa baru mengikuti apel kedisiplinan terlebih dahulu dengan panitia di lapangan basket. Untuk siswa para SMA Ar Rohmah, pelaksanaan MPLS terpusat di aula utama LPI Ar Rohmah. Untuk materi lapangan dan kedisiplinan siswa baru SMA Ar Rohmah, Kesiswaan SMA bekerjasama dengan pihak TNI yaitu Koramil Kecamatan Dau.

Narasumber sebagai pemateri tidak hanya para guru senior sekolah, panitia juga mendatang para trainer dari luar, seperti; Ust. dr. Arief Alamsyah -master trainer self talk (trainer nasioanl), Ust. Marendra Darwis (trainer nasional spesialis remaja juga pendiri sebuah organasasi yang mengajak para remaja untuk berbakti kepada kedua orang tua mereka) dan ada juga Ust. Rifky Ja’far Tholib, seorang da’i muda yang mengasuh ratusan majlis taklim, sekaligus pembina remaja hijrah Kediri.

Guna mengantisipasi kejenuhan peserta karena durasi waktu MPLS yang panjang setiap harinya, pukul 07.00-15.00 wib, panitia mendesai kegiatan tidak hanya indoor, tapi juga outdoor. Panitia yang terdiri dari pengurus OPH SMP-SMA Ar Rohmah juga memberikan game-game sebagai selingan kegiatan. Tentu saja game-game yang diberikan bersifat edukatif , dan mampu merangsang daya nalar dan menumbuhkan kreativitas para peserta MPLS. (ardi).