Outing Class SMA Ar Rohmah; Belajar Sambil Rekreasi

Salah satu cara mengurangi kejenuhan dalam proses KBM di SMA Ar Rohmah adalah pembelajaran di luar kelas atau disitilahkan outing. Disamping untuk mengurangi kebosanan siswa, mereka juga bisa belajar sambil mengamati lingkungan dan alam sekitar. Pekan kemarin (20/02/2019), para siswa kelas X SMA Ar Rohmah mengadakan outing class di Jawa Timur Park 2, Batu. Mereka belajar kontekstual di lapangan untuk tiga bidang studi sekaligus yaitu Biologi, Geografi, dan IPS.

Menurut Ustadz Mawardi, pendamping outing class, para siswa berkesempatan secara langsung melihat, mengamati, dan merasakan materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru-guru. Selama ini dalam pembelajaran, para siswa lebih banyak mendapatkan materi yang sifatnya membutuhkan imajinasi agar bisa menangkap materi yang disampaikan. Namun pada saat mereka mengikuti outing class atau visual study, maka para siswa bisa lebih memahami materi yang disampaikan oleh guru dengan melihat bukti-bukti fisiknya. Setiap siswa berkewajiban membuat laporan tertulis hasil pengamatan mereka selama proses pembelajaran di area jatim Park 2 yang luasnya kurang lebih lima hektar.

Usai menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan para guru, para siswa diberikan waktu untuk refresing menikmati beberapa wahana permainan yang ada di Jatim Park 2. Suasana gembira dan suka cita terlihat jelas dari para siswa. Kurang lebih lima jam para siswa bereksplorasi dan berekreasi di kawasan Jatim Park 2. (ardi).