Anugerah Pena Remaja: Upaya Membangun Budaya Literasi Di SMP Ar Rohmah

Guna meningkatkan budaya menulis di kalangan siswa, Kesiswaan SMP Ar Rohmah memberikan penghargaan kepada para siswa atas karya tulis mereka. Masing-masing kelas dipilih tiga karya tulis terbaik untuk mendapatkan penghargaan dari sekolah. Penghargaan diberikan langsung oleh Kepala SMP Ar Rohmah, Ustadz Syarif Hidayatullah, pada Senin, 18 Pebruari 2019, bertempat di halaman sekolah SMP Ar Rohmah Boarding School.

Dalam sambutannya sebelum pemberian penghargaan kepada para siswa, Ustadz Syarif Hidayatullah menyampaikan bahwa SMP Ar Rohmah serius untuk meningkatkan budaya literasi di lingkungan sekolah, termasuk budaya menulis. Hal itu penting, menurut beliau, supaya para siswa memiliki kemampuan untuk menyampaikan pendapatnya melalui tulisan, tidak hanya lisan. Mengingat kemampuan literasi yang baik akan membuat para siswa terhindar dari termakan berita yang tidak benar alias hoax.

Lomba menulis di lingkungan SMP Ar Rohmah digelar setahun minimal dua kali. Menurut Ustadz Badrussholih, Kesiswaan SMP Ar Rohmah, perlu keseriusan sekolah untuk membangun budaya literasi dikalangan para siswa. “Perlu kreatifitas untuk menumbuhkan minat baca dan tulis siswa. Desain kegiatan harus menarik dan sesuai dengan jiwa remaja mereka.” tambah beliau. (bsh).