Ujian Terbuka Al Qur’an Lima Juz Sekali Duduk Siswa SMP Ar Rohmah

Bertempat di Masjid Baitturrohmah komplek LPI Ar Rohmah Pesantren Hidayatullah Malang, Sabtu (26 Januari 2019), diselenggarakan Ujian Terbuka Al Qur’an untuk kelas IX SMP Ar Rohmah. Ujian Terbuka Al Qur’an Bil Ghoib ini dikhususkan bagi para siswa yang mampu menghafal lima juz tanpa putus untuk sekali duduk. Rata-rata para siswa tersebut memiliki hafalan lima belas juz. Mereka adalah siswa kelas IX dari program kelas tahfidz.

Pelaksanaan ujian untuk siswa-siswa dari Kelas Tahfidz memang berbeda dengan kelas reguler. Untuk kelas reguler, minimal memiliki hafalan 3 juz, format ujian adalah siswa menjawab beberapa pertanyaan dari para penguji dari ayat atau surat Al Qur’an yang dihafal secara acak. Tidak hanya penguji yaitu para ustadz, orang tua siswa pun diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada putra-putranya.

Sementara pada pelaksanaan Terbuka Bil Ghoib, para siswa wajib menghafal semua ayat dan surat dari awal hingga akhir seluruh juz yang dihafalnya, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama. Misalnya, Muhammad Mirza Fakhruddin Athmar, siswa asal Surabaya, memerlukan waktu beberapa jam untuk menyelesaikan lima juz yang dihafalnya di depan para penguji. Orang tua yang hadir bisa ikut menyimak ayat atau surat yang dihafal putranya.

Menurut Ustadz Nafi, selaku panitia ujian, bentuk ujian seperti ini baru dilaksanakan tahun ini sehingga masih ada kekurangan dibeberapa sisi. “Alhamdulillah ujiannya berjalan lancar. Insya allah untuk tahun depan akan kami perbaiki lagi pelaksanaannya sehingga bisa lebih maksimal,” tambah beliau. (khan).