Ujian Terbuka Haditst Kelas IX SMP Ar Rohmah

Sebagai sekolah berbasis pesantren, materi keagamaan (ulumuddin) memiliki porsi yang cukup banyak. Format penilaianpun tidak mesti dengan menjawab soal-soal secara tertulis. Pada materi tertentu, ujian dilaksanakan secara lisan seperti hafalan Al Qur’an dan Hadits. Ujianpun dilaksanakan terbuka disaksikan dewan guru dan seluruh siswa SMP Ar Rohmah. Seperti pelaksanaan Ujian Terbuka Haditst untuk kelas IX pada Sabtu, 19 Januari 2019.

Dalam ujian terbuka hadits tersebut, setiap siswa akan diminta menyebutkan tentang sebuah hadits terkait sanad (periwayat), matan (isi hadits) dan arti dari hadits yang ditanyakan. Terdapat empat puluh hadits tentang akhlaq dan adab yang harus dihafal para siswa sebagai materi ujian terbuka. Meski sebelum menghadapi ujian terbuka mereka sudah melaksanakan ujian komprehensif yakni menyetorkan hafalan semua hadits, namun perasaan tegang karena harus berdiri di atas panggung dan disaksikan ratusan hadirin membuat beberapa siswa lupa dengan potongan hadits atau juga terbalik-balik susunannya.

Acara dibuka oleh Kepala Sekolah SMP Ar Rohmah, Ustadz Syarif Hidayatullah, sekaligus sebagai penguji tamu yang pertama. Hadir pula Ustadz Muhammad Syuhud, Penanggung Jawab Bidang Akademik LPI Ar Rohmah, juga berkesempatan menguji dua santri secara acak. Usai menguji hafalan hadits dua santri, Ustadz Syuhud mengapresiasi kemampuan hafalan santri. Terlebih, cara beliau menguji lebih kontekstual dengan mengkaitkan isi hadits dengan kondisi kehidupan sehari-hari para siswa di sekolah dan asrama. “Kalian sudah menghafal banyak hadits tentang adab dan akhlaq, tugas lebih berat kalian adalah seluruh hadist yang kalian hafalkan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari,” tambah beliau. (bsh).