PTS Ganjil: Menguji Daya Nalar Dan Fokus Siswa Dalam Belajar

Selama sepekan pada pertengahan September 2018 kemarin, seluruh siswa SMA Ar Rohmah, mulai kelas X – XII, mengikuti Penilaian Tengah Semester (PTS) Ganjil 2018/2019. Terhitung mulai Senin, 17-22 September 2018, para siswa berjibaku belajar dan mengerjakan soal-soal yang diberikan guru mata pelajaran masing-masing.

Tujuan utama pelaksanaan PTS ini adalah menguji sejauh mana pemahaman para siswa terhadap materi pelajaran yang telah diberikan para guru selama proses kegiatan belajar mengajar (KBM) pada tiga bulan pertama tahun pelajaran 2018-2019 ini. Termasuk bentuk soal pun dibuat esai. Menurut Ustadz Jayadi, Waka Kurikulum SMA Ar Rohmah, hal ini yang sering terabaikan dalam UNBK sekalipun, yakni menjawab soal-soal esai. “Dalam setiap jawaban yang mereka tuliskan pada lembar jawaban, selain mengasah kemampuan nalarnya para siswa dapat menyalurkan gaya bahasa mereka,” tambah ustadz dari Waingapo ini.

Dengan penerapan kebijakan ini, secara tidak langsung para siswa dapat menyalurkan hobi menulisnya. Tentu saja, motivasi dan semangat belajar mereka akan terpompa dengan sendirinya karena ingin mendapatkan nilai yang memuaskan. (ardi).