Uji Kompetensi Soal UNBK Kelas IX SMP Ar Rohmah

Program sukses UNBK kelas IX SMP Ar Rohmah telah diawali pada awal September 2018. Bimbingan belajar sore hari (bimbel) menjadi menu belajar tambahan bagi para siswa. Mereka diajak untuk mengingat materi-materi pelajaran kelas VII dan VIII yang sebagian sudah terlupakan. Tahun ini, sebanyak 160 siswa kelas IX dibagi dalam delapan kelompok bimbel, mulai Kelompok A sampai dengan Kelompok H.

Untuk mengawali program Sukses UNBK ini, para siswa diuji dengan soal-soal standar UNBK yang mengacu pada indikator-indikator soal yang telah ditentukan pemerintah. Tujuannya adalah supaya para siswa memiliki gambaran awal seperti apa nantinya soal-soal yang akan dihadapi pada UNBK yang sesungguhnya. Bekerja sama dengan Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) Primagama, uji kompetensi untuk kelas IX dilaksanakan selama dua hari, yakni Rabu-Kamis, 6-7 September 2018. Uji kompetensi terdiri dari empat mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA. Dalam satu hari, para siswa mengerjakan dua mata pelajaran.

Menurut Ustadz Arfiandi, penanggung jawab kegiatan, untuk selanjutnya, uji kompetensi ini rencananya dilaksanakan minimal satu bulan sekali. Harapannya, para siswa kelas IX semakin faham variasi-variasi soal dalam UNBK. “Selama program Sukses UNBK berlangsung, paling tidak 10-12 kali para siswa akan melakukan uji kompetensi semacam ini. Hasil uji kompetensi diantaranya dimanfaatkan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan para siswa dalam menghadapi UNBK,” tambah beliau. (bsh).