Sosialisasi Sukses UNBK Dan Ujian Pesantren Kelas IX SMP Ar Rohmah

Keberhasilan seorang siswa, tidak hanya ditentukan oleh faktor keseriusan siswa dan para guru dalam mengajar, mentransfer ilmu pengetahuan, serta pembinaan mental kepribadiannya. Tidak kalah penting adalah jalinan komunikasi antara sekolah dengan orang tua siswa sebagai partner aktif dalam proses pendidikan para siswa. Untuk itu, SMP Ar Rohmah mengundang orang tua siswa kelas IX untuk berdiskusi tentang program Sukses UNBK Dan Ujian Pesantren tahun pelajaran 2018/2019. Kegiatan ini diselenggarakan di Aula SMP Ar Rohmah, Ahad (19/08/2018).

Dalam pertemuan tersebut, Kepala SMP Ar Rohmah, Ustadz Syarif Hidayatullah, didampingi Kepala Urusan Kurikulum, Ustadz Zaki Hidayat, dan Kepala Urusan Kepesantrenan, Ustadz Nur Ihsan. Dalam pengantarnya, Ustadz Syarif Hidayatullah menerangkan tentang pentingnya kesepemahaman dan kerja sama antara pihak sekolah dengan orang tua untuk keberhasilan pendidikan para siswa. “Jika komunikasi antara sekolah dengan orang tua lancar, baik serta produktif, itu modal besar kesuksesan setiap siswa dalam proses belajarnya di pesantren,” tandas beliau.

Pada kesempatan itu juga, Ustadz Zaki Hidayat menjelaskan tentang apa itu program sukses UNBK dan apa saja kegiatan yang direncanakan sehingga target untuk mendapatkan nilai terbaik mampu dicapai. Sedangkan Ustadz Nur Ihsan menerangkan tentang target hafalan Al Qur’an yang harus dipenuhi para siswa sebagai syarat kelulusan. Di SMP Ar Rohmah, siswa minimal menghafal tiga juz untuk kelas reguler, dan 10 juz bagi kelas tahfidz.

Para orang tua siswa kelas IX sangat antusias menyimak paparan program-program dari sekolah dan asrama. Terbukti, banyak tanggapan dan pertanyaan dalam sesi dialog. Para orang tua siswa mengapresiasi program-program yang akan dilaksanakan, mereka berharap semua kegiatan yang direncanakan bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Sesi terakhir dari sosialisasi dengan orang tua kelas IX yakni presentasi dan paparan dari tim SMA Ar Rohmah. Animo siswa SMP Ar Rohmah yang melanjutkan ke SMA Ar Rohmah sangat tinggi. Terbukti, setiap tahun dari tiga rombel kelas X SMA Ar Rohmah, dua kelas diisi alumni dari SMP Ar Rohmah. Presentasi dilakukan oleh Kepala SMA Ar Rohmah, Ustadz Fahmi Ahmad, didampingi penanggung jawab Program Diniyyah dan Bahasa Arab, Ustadz Dodik Yanuar. (bsh).