Tebar Hewan Kurban Ar Rohmah; Mulai Daerah Rawan Kristenisasi Hingga Korban Gempa Bumi Lombok

Alhamdulillah, tahun ini perolehan hewan kurban di LPI Ar Rohmah Pesantren Hidayatullah Malang lumayan banyak. Total hewan kurban yang terkumpul sebanyak 5 ekor sapi dan 51 ekor kambing. Semua hewan kurban tersebut berasal dari SDM LPI Ar Rohmah, para siswa, dan orang tua siswa SMP-SMA Ar Rohmah. Proses penyembelihan hewan kurban dilaksanakan setelah sholat Idul Adha, bertempat di lapangan sepak bola LPI Ar Rohmah.

Selain untuk konsumsi internal Ar Rohmah, seluruh sumber daya manusia (sdm) dan para siswa, hewan kurban juga didistribusikan kepada warga sekitar pesantren yang membutuhkan. Hal ini merupakan bentuk kepedulian lembaga terhadap tetangga kiri dan kanan pesantren. Di samping kepada masyarakat sekitar, hewan kurban juga didistribusikan kepada warga atau kawasan yang membutuhkan. Untuk tahun ini, distribusi hewan kurban disebarkan ke daerah kristenisasi di Malang selatan, dan daerah terdampak gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk bakti sosial (baksos).

Menurut Ustadz Mawardi, penanggung jawab kegiatan bakti sosial LPI Ar Rohmah, kedua daerah tersebut dipilih karena dianggap sangat membutuhkan. Untuk distribusi di Malang selatan, OPH SMP-SMA Ar Rohmah bekerjasama dengan Pimpinan Cabang Hidayatullah Malang Selatan. Mereka dianggap lebih faham kondisi dan kebutuhan masyarakat setempat.

Untuk distribusi di daerah bencana gempa bumi Lombok, Ar Rohmah bekerjasama dengan relawan Hidayatullah yang berada di lokasi pengungsian. Mereka yang langsung terjun ke lapangan untuk membagikan hewan kurban dari Ar Rohmah. Laporan dari lokasi pengungsian menyebutkan bahwa masyarakat setempat sangat gembira mendapatkan hewan kurban kiriman dari Malang. Rasa bahagia dan haru bercampur menjadi satu manakala relawan dari Ar Rohmah mendatangi mereka satu per satu, di tenda pengungsian masing-masing. (ardi).