Jangan Takut Salah Belajar Berbahasa Asing

Dalam rangka semakin menggelorakan bahasa asing di lingkungan SMA Ar Rohmah, penanggung jawab program selalu membuat inovasi-inovasi supaya para siswa semangat berbahasa Arab dan Inggris. Seperti akhir Juli 2018 kemarin dengan menghadirkan Ustadz Mubarok bin Yahya Al Yamani, seorang native speaker dari Yaman.

Dalam tausiyahnya di hadapan seluruh siswa SMA Ar Rohmah, beliau memberikan pemahaman tentang pentingnya menguasai bahasa Arab. Kunci sukses mampu berbahasa Arab diantaranya adalah jangan malu berbahasa Arab, jangan takut salah dan jangan berputus asa dalam belajar bahasa. Diantara pesan yang disampaikan adalah;

ايهاالطلاب ، كجهد لإتقان اللغة العربية يجب الانتباه إلى ما يلي : لا تمزح و لا تلعب فى تعلم
اللغة,عدم الخوف فى التعليم. لا تخجل ان تكلم الغة. نحب اللغة العربية. نتحول ان نتعلم اللغة.

“Wahai para siswa, sebagai upaya menguasai bahasa Arab harus/hendaknya memperhatikan hal-hal berikut : Jangan bercanda dan tidak bermain dalam mempelajari bahasa, jangan Takut (salah) dalam belajar, Jangan malu untuk berbicara dengan bahasa (Arab), hendaknya kita mencintai bahasa Arab. Kita selalu optimis (tidak gampang putus asa ) dalam belajar bahasa”.

Sebagai penterjemah adalah siswa yang ikut dalam program khusus bahasa. Para siswa dalam program ini dikumpulkan dalam sebuah kamar khusus. Dengan adanya kamar khusus bahasa ini, maka para siswa dapat mengaplikasikan keterampilan berbahasa mereka saat berinteraksi di kamar. Sebab, di kamar khusus bahasa ini, wajib hukumnya menggunakan dua bahasa, Arab atau Inggris. Jika tidak, maka sanksi telah disiapkan bagi mereka yang berbicara tanpa menggunakan bahasa Arab atau Inggris. Selaku penanggung jawab program khusus ini adalah Ust. Wahyu Akbar dan Ust. Dodik Yanuar. (ardi).