Imunisasi Difteri Di SMP & SMA Ar-Rohmah

Pemerintah, melalui dinas kesehatan, sedang menggalakka program imunisasi difteri secara massal kepada anak-anak dan remaja. Puskesmas, sebagai kepanjangan tangan dinas kesehatan, menjalankan program tersebut melalui sekolah-sekolah di daerah setempat, termasuk di SMP & SMA Ar-Rohmah boarding school.

Karena masih terjadinya perdebatan tentang status vaksin difteri, guna menindak lanjuti program pemerintah tersebut, Humas LPI Ar Rohmah menyebarkan form isian kepada orang tua siswa SMP-SMA Ar Rohmah apakah mengijinkan atau tidak anaknya untuk mendapat imunisasi difteri dari puskesmas. Hasilnya, terdapat 230 siswa, kelas VII – IX SMP, yang orang tuanya menginginkan anaknya mendapat imunisasi difteri. Pelaksanaan imunisasi dari puskesmas dilaksanakan Rabu, 1 Agustus 2018, bertempat di aula SMP Ar Rohmah. Delapan tenaga medis Puskesmas Dau terlibat dalam pemberian imunisasi difteri untuk 230 siswa SMP Ar Rohmah.

Menurut dr Diyah, penanggung jawab imunisasi Puskesmas Dau, program ini dilaksanakan di seluruh sekolah di Kabupaten Malang. Tujuan imunisasi, menurut beliau, bertujuan untuk mencegah wabah difteri yang saat ini menjangkiti beberapa daerah di Indonesia. Meskipun imunisasi ini merupakan imunisasi tahap 2, bagi siswa yang belum pernah mendapatkan imunisasi difteri, juga bisa mengikutinya. (bsh).