Empat Siswa SMA Ar Rohmah Mengikuti Penyegaran Kader Kesehatan Sekolah

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), merupakan salah satu wujud nyata bentuk perhatian pengelola sekolah terhadap kesehatan para siswanya. Meskipun keberadaan UKS ini sangat penting, usaha prepentif (pencegahan) tetap lebih diutamakan, karena menjaga kesehatan lebih baik daripada mengobati. Sebagai langkah prepentif terhadap munculnya berbagai penyakit dilingkungan sekolah, terlebih yang berasrama, maka memberikan pemahaman akan pentingnnya arti kesehatan menjadi sebuah keharusan. Karenanya, Sabtu (28/7/2018), empat siswa SMA Ar Rohmah mengikuti kegiatan Training Penyegaran Kader Kesehatan yang diselenggarakan Puskesmas Wisata Dau.

Acara yang diselenggarakan di Aula Lantai 2 Puskesmas Wisata Dau diikuti seluruh Kader Kesehatan Sekolah di wilayah Kecamatan Dau. Kegiatan training kader kesehatan sekolah ini dikemas dalam bentuk dialog interaktif . Materi-materi yang diberikan diantaranya tentang makna dan ruang lingkup kesehatan, jenis-jenis penyakit, dan urgensi peran kader kesehatan sekolah di lingkungan sekolah.

Menurut Ibu Diah, penanggung jawab kegiatan, tujuan dari training penyegaran kader kesehatan ini untuk meningkatkan kualitas kemampuan para kader kesehatan di tiap sekolah di lingkup binaan Puskesmas Wisata Dau. Disamping juga untuk mempererat silaturahim dan mempermudah komunikasi antara pihak puskesmas dengan penanggung jawab program UKS di setiap sekolah di Kecamatan Dau. “Harapannya, jika dikemudian hari ada terjadi hal-hal yang berkaitan dengan gangguan kesehatan di sekolah masing-masing, koordinasi pihak sekolah dengan puskesmas bisa lebih lancar”, tutup beliau. (ardi).