Kedatangan Siswa Baru Dan Orientasi Orang Tua Siswa Baru

“Selamat Datang Generasi Robbani, Calon Pemimpin Umat”. Begitu salah satu banner yang terpasang di depan kampus LPI Ar Rohmah Pesantren Hidayatullah Malang. Sabtu, 7 Juli 2018, merupakan hari kedatangan siswa baru kelas VII SMP dan kelas X SMA Ar Rohmah. Sejak Subuh, pelataran parkir kampus LPI Ar Rohmah telah penuh sesak kendaraan dari orang tua yang mengantar siswanya untuk masuk ke pesantren. Tidak hanya bapak ibu, tidak sedikit siswa baru diantar oleh kakek, nenek, paman dan bibinya.

Untuk lokasi cek in siswa baru SMP-SMA Ar Rohmah, bertempat di lapangan depan asrama masing-masing. Setiap orang tua siswa baru juga menerima panduan hidup di pesantren, termasuk tata tertib yang harus diikuti setiap siswa di LPI Ar Rohmah. Para orang tua dan siswa juga menandatangani kesediaan untuk mentaati semua peraturan yang berlaku di LPI Ar Rohmah Pesantren Hidayatullah Malang.

 

Usai mengantarkan putra-putranya menuju ke asrama dan kamar sebagai tempat tinggalnya selama di pesantren, para orang tua menuju ke masjid untuk mengikuti orientasi orang tua siswa baru. Mereka akan mendapatkan paparan tentang visi dan misi LPI Ar Rohmah dari para pengurus yayasan. Juga pola pendidikan serta kegiatan mereka selama tiga tahun pesantren.

 

Dalam sambutannya, Ustadz Drs. Ali Imron, MAg, selaku Pembina LPI Ar Rohmah, memaparkan tantangan anak-anak remaja dan pemuda sekarang, serta bagaimana peran orang tua untuk mendidik anak-anaknya menjadi generasi Islam kebanggaan orang tua dan agama. Selanjutnya, Ustadz Muhammad Syuhud, MM, selaku Direktur Akademik LPI Ar Rohmah memaparkan tentang sistem pendidikan di SMP dan SMA Ar Rohmah, serta keunggulannya dibanding sekolah lain. Sesi terakhir, Ustadz Muhammad Muhdi, MPd I, Direktur Kepesantrenan LPI Ar Rohmah, menerangkan tentang pola hidup dan aturan keseharian di asrama Ar Rohmah. Menjelang Ashar acara orientasi orang tua siswa baru SMP SMA Ar Rohmah selesai. (bsh).