MPLS SMP Ar Rohmah 2018, “Mencetak Generasi Taqwa, Cerdas, Dan Mandiri”

Selama sepekan, 9-14 Juli 2018, sebanyak 180 siswa baru SMP Ar Rohmah Pesantren Hidayatullah Malang mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Kegiatan MPLS ini wajib diikuti seluruh siswa baru agar mengenal semua hal yang terkait pendidikan di lingkungan SMP Ar Rohmah Boarding School.

Menurut Ustadz Badrussholih, penanggung jawab MPLS SMP Ar Rohmah 2018, siswa baru diharapkan mengetahui secara lebih lengkap tentang banyak hal di SMP Ar Rohmah seperti sistem pembelajaran, kegiatan kesiswaan dan aturan kedisiplinan yang berlaku. “Pesantren yang bagi sebagian siswa baru, dalam pemahaman mereka selama ini, tidak baik dan menakutkan, Insya Allah akan lenyap dengan sendirinya setelah mengikuti kegiatan MPLS” tambah Ustadz dari Probolinggo ini.

Semua kegiatan dalam pengenalan lingkungan sekolah di SMP Ar Rohmah dikemas panitia secara menarik, sarat unsur pendidikan, menyenangkan (fun), dan membangun kebersamaan serta kreatifitas. Tidak ada unsur perpeloncoan, intimidasi dan ‘memperlucukan’ siswa baru, peserta MPLS. “Sejak dulu, kami tidak mentolerir kegiatan-kegiatan MPLS yang justru membuat para siswa baru tidak nyaman. Hal itu kontra produktif dengan tujuan diadakannya MPLS bagi siswa baru,” jelas Ustadz Sugiarto, ketua pelaksana MPLS SMP Ar Rohmah 2018.

Di samping materi-materi untuk mengenalkan lingkungan sekolah, pada MPLS tersebut, para siswa baru juga dibekali ilmu untuk memiliki kemantapan hati dan tekad kuat sehingga sukses belajar di pesantren. Beberapa tema kajian seperti Bismillah Saya Berhijrah, Kiat Mencari Sahabat, dan Aku Bangga Menjadi Santri, dikemas dalam bentuk Fun Training sehingga para peserta MPLS tidak merasa jenuh.

Puncak kegiatan MPLS SMP Ar Rohmah 2018 dilaksanakan di Bumi Perkemahan Bedengan. Bersama panitia MPLS dan wali kelas VII, peserta MPLS mengikuti outbond yang dipandu tim Ar Rohmah Training Center (ATC). Menjelang Dhuhur, seluruh panitia dan peserta MPLS mengikuti apel penutupan MPLS SMP Ar Rohmah 2018.(bsh).