Kaleidoskop Kegiatan PDPH SMA Ar Rohmah 2018 “Mengajarkan Al Qur’an Meski Satu Ayat”

Jika selama satu atau dua tahun di pesantren, para siswa SMA Ar Rohmah kelas X dan XI setiap hari mendapatkan pengajaran dan bimbingan para ustadz mengaji al Qur’an, PDPH merupakan saatnya mempraktekkan sebagian ilmu tersebut. Selama sepekan di April 2018, mereka menjadi “para ustadz” bagi santri-santri mereka anak-anak TPQ (Taman Pendidikan Al Qur’an) desa Pajaran Poncokusumo. Tidak ada panggilan ustad, sebutan kakak pembina lebih disukai untuk mengurangi kesungkanan bagi “para ustadz” sendiri.

Setiap petang selepas sholat Ashar berjamaah, para siswa yang bertugas sebagai guru-guru TPQ menyebar ke lokasi-lokasi yang telah ditentukan. Mereka antusias mengajarkan teori tajwid dan praktek cara membaca yang benar untuk murid-murid mereka yakni anak-anak usia sekolah dasar (SD) hingga SMP. Nampak raut muka puas dan bahagia di wajah siswa-siswa SMA Ar Rohmah, manakala murid ngajinya bisa menirukan serta melafadzkan bacaan yang benar seperti mereka ajarkan.

Dan puncaknya adalah gelaran “Pajaran Islamic Day”, event kompetisi antar TPQ binaan para peserta PDPH. Kegiatan perlombaan yang baru diadakan pertama kali di desa tersebut mendapat dukungan penuh dari aparat desa. Aula Kantor Desa Pajaran dipinjamkan kepala desa untuk tempat perlombaan PID (Pajaran Islamic Day). Perlombaan yang diselenggarakan meliputi lomba adzan, kaligrafi, tahfidzul Qur’an da tilawah Qur’an. Para pengajar TPQ bersungguh-sungguh mempersiapkan para santrinya dengan harapan menjadi yang terbaik dalam PID.

Di akhir gelaran festifal, terdengar sorak sorai penuh gembira dari bali desa Pajaran saat pembagian hadiah bagi para pemenang. Semua nampak bahagia, khususnya para santri TPQ di Pajaran yang menjadi juara setiap bidang perlombaan. Bagi para peserta PDPH, terlebih yang mendapat amanah menjadi para pengajar TPQ, ilmu yang selama ini mereka pelajari siang dan malam mulai mereka ajarkan kepada yang membutuhkan, tentu saja sebatas kemampuan dan kesanggupan. (ardi).