Kaleidoskop Kegiatan PDPH SMA Ar Rohmah 2018 “Bakti Santri Untuk Umat”

Sebagai remaja Islam yang dipersiapkan menjadi para pemimpin umat pada saatnya, siswa SMA Ar Rohmah diajari untuk mengetahui permasalahan dan kebutuhan masyarakat. Setelah itu, berusaha mencari solusi terbaik sehingga permasalahan tersebut bisa diselesaikan dengan benar. Begitu pula yang dilakukan para siswa SMA Ar Rohmah ketika PDPH 2018 di desa Pajaran Poncokusumo.

Setelah mengamati dan berinteraksi langsung dengan warga desa Pajaran selama satu pekan, para peserta PDPH SMA Ar Rohmah berinisiatif mengadakan bakti sosial (baksos) untuk masyarakat. Hasil musyawarah mereka memutuskan dua bantuan yang bisa diberikan kepada masyarakat yaitu pakaian layak pakai dan buku serta majalah Islami. Spontan seluruh peserta PDPH mengumpulkan pakaian-pakaian mereka yang masih layak pakai kepada pihak panitia. Dalam pengumpulan setengah hari, panitia berhasil menghimpun 50 paket bantuan pakaian layak pakai. Dengan bervariasi, satu paket terdiri dari celana, baju, pakaian sholat, sarung, kaos ataupun pakaian wanita.

Baksos dipusatkan di balai desa Pajaran. Sebelum baksos dilaksanakan, berbekal data dari desa, para siswa terlebih dahulu mendatangi rumah-rumah warga yang kurang mampu. Mereka membagi-bagikan kupon kepada perwakilan penghuni rumah untuk ditukar dengan paket bantuan pada hari pelaksanaan baksos.

Selain baksos pakaian layak pakai, para siswa juga mewakafkan buku bacaan, buku pelajaran SMP-SMA, dan majalah Islami sebanyak 500 buah. Buku-buku tersebut diwakafkan kepada perpustakaan di desa tersebut yang dikelola Ibu Atika. Beliau adalah seorang ibu rumah tangga yang peduli dengan minat baca anak-anak. Besarnya perhatian Ibu Atika diwujudkan dengan pemanfaatan ruang tamu rumah beliau sebagai rumah baca. Setiap sore dan hari-hari libur anak-anak Pajaran asyik membaca buku-buku cerita yang jumlahnya masih minim.

Atas permintaan Ibu Atika, rumah baca tersebut diberi nama “Perpustakaan Hidayatullah”. Beliau sangat berterima kasih atas bantuan buku-buku perpustakaan yang diwakafkan. “Saya sangat terharu dan berterima kasih atas bantuan adik-adik sekalian. Semoga anak-anak di desa ini mendapatkan tambahan pengetahuan tentang Islam lebih banyak lagi” ungkap beliau.

Selain wakaf dari para siswa SMA Ar Rohmah, buku-buku tersebut juga merupakan bantuan dari Baitul Maal Hidayatullah (BMH). Lembaga amil zakat nasional ini mendukung wakaf buku karena seirama dengan program mereka membangun 100 perpustakaan di Malang raya. Semoga dengan berdirinya perpustakaan Hidayatullah di Pajaran dapat membantu mencerdaskan generasi mudanya. aamiinn. (ardi).