UNBK SMP Ar Rohmah 2018; Mempertahankan Prestasi Terbaik

Pekan ini, selama empat hari, menjadi salah satu momen penting bagi para siswa tingkat SMP se Indonesia, termasuk siswa SMP Ar Rohmah, yakni mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Terhitung Senin – Kamis, 23-26 April 2018, seluruh siswa berjuang semaksimal mungkin untuk mendapatkan nilai-nilai yang memuaskan dari empat mata pelajaran UNBK yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Jumlah siswa SMP Ar Rohmah yang mengikuti UNBK tahun ini sebanyak 147 siswa dari lima kelas.

Dalam koordinasi kurikulum, seluruh kegiatan di desain untuk mengondisikan para siswa SMP Ar Rohmah siap mengikuti pelaksanaan UNBK dengan sebaik-baiknya. Malam hari, guru mata pelajaran yang besok akan diujikan, mendampingi para siswa belajar pada malam hari. Guna menjaga stamina para siswa untuk belajar, pihak dapur menyediakan bubur kacang hijau dan buah-buahan sebagai suplemen.

Pagi hari tepat pukul tujuh, para siswa berkumpul di masjid untuk melaksanakan sholat Dhuha dan pembacaan asmaul husna bersama-sama. Setelahnya, ada kultum (kuliah tujuh menit) dari salah seorang wali kelas IX untuk memberikan motivasi dalam menghadapi ujian. Selesai kegiatan di masjid, peserta sesi pertama UNBK menuju laboratorium komputer untuk melaksanakan ujian, sementara siswa yang lain belajar didampingi para guru sambil menunggu giliran mereka. Dengan jumlah siswa 147 anak, SMP Ar Rohmah memiliki tiga sesi pelaksanaan UNBK setiap harinya.

Menurut Ustadz Zaki Hidayat, Kepala Urusan Kurikulum SMP Ar Rohmah, meski sempat mengalami masalah server secara nasional sehingga mengalami penundaan hampir satu jam pelaksanaan ujian, para siswa tetap tenang dan tidak panik. “Kami sampaikan kepada para siswa untuk tetap tenang dan rileks. Pengawas ruang juga membagikan permen kepada para siswa.” tambah beliau. Untuk pelaksanaan ujian pada hari-hari selanjutnya berjalan lancar, tidak ada kendala yang berarti dari semua sesi.

Untuk pelaksanaan UNBK 2018 ini, SMP Ar Rohmah menargetkan prestasi terbaik tingkat kabupaten Malang. Paling tidak, menyamai prestasi UNBK tahun 2017 kemarin yakni peringkat tiga sekolah se kabupaten Malang. Semoga dengan ikhtiar maksimal dan doa semua pihak, target tersebut bisa tercapai. aamiin. (bsh).