Jadilah Tokoh Utama Di Setiap Peristiwa Penting

Ketua OPH SMP Ar Rohmah 2017 / 2018
Bayu Amiri

“Jadilah Tokoh Utama Di Setiap Peristiwa Penting”

Bagi mereka yang belum mengenalnya dengan akrab, siswa asal Jember ini terkesan pendiam dan nampak sombong. Namun, setelah bergaul dan berteman dengannya, kesan itu perlahan hilang berganti kagum dengan semangatnya untuk berkembang dan berperestasi. Apalagi kalau diajak berbincang tentang OPH (Organisasi Pelajar Hidayatullah), organisasi yang baru saja dipimpinnya, sorot matanya langsung berbinar. Berikutnya, satu persatu obsesi kedepan tentang bagaimana memajukan OPH dan seluruh siswa SMP Ar Rohmah lancar mengalir dari lisannya.

“Obsesi saya OPH SMP Ar Rohmah menjadi organisasi intra sekolah terbaik, paling tidak tingkat SMP di lingkup Hidayatullah. Maka, OPH SMP Ar Rohmah akan menjadi organisasi percontohan bagi organisasi pelajar yang lain” kata siswa kelahiran 28 Pebruari 2003 ini. “Cita-cita itu bisa terwujud, manakala semua program-program OPH, internal dan eksternal, bisa terlaksana dengan baik. Memang tidak mudah, namun dengan kerja keras semua anggota, insya allah bukan hal yang mustahil”, tambah Bayu, demikian dia biasa dipanggil teman-temannya.

Menurut siswa berkulit sawo matang ini, program-program OPH sebenarnya sederhana saja, tidak muluk-muluk. Intinya, organisasi siswa ini mampu membantu para siswa SMP Ar Rohmah supaya semakin disiplin, tertib, dan terwadahi semua potensi, serta kreatifitasnya. Maka aktifitas-aktifitas seperti olahraga, seni, jurnalistik, dan leadership menjadi fokus utama dari program-program di divisi-divisi OPH, terang siswa yang memiliki hobi sepak bola dan badminton ini.

Siswa yang bercita-cita menjadi dokter yang hafal Al Qur’an ini menyampaikan, bahwa ada dua program unggulan di kepengurusan OPH 2018-2019, yaitu Afest dan ASF. Afest atau Ar Rohmah Festival merupakan agenda rutin di SMP Ar Rohmah, dengan OPH sebagai EO. Menurutnya, kualitas Afest masih bisa ditingkatkan lagi supaya semakin bergengsi, sehingga antusiasme para peserta untuk berpartisipasi semakin tinggi. Targetnya, even ini bisa mencapai level Se Jawa Bali, lebih luas dari tahun sebelumnya se Jawa Terbuka.

Program satunya, ASF (Ar Rohmah Social Foundation), merupakan program yang sama sekali baru di OPH. Program ini mendorong para santri untuk berbagi kepada orang-orang yang kurang mampu, khususnya anak-anak yatim piatu. Setiap santri menyisihkan uang sakunya dalam jumlah tertentu, setiap bulan, untuk membantu biaya sekolah, atau uang saku anak-anak yatim piatu, desainnya menjadi donatur rutin. Program ini diawali dari para anggota OPH.

Meski banyak kendala yang harus dihadapi oleh para anggota OPH, misalnya kemampuan sebagian anggotanya untuk memenej waktu, kapan harus belajar dan kapan harus aktif mengurus organisasi. Bayu yakin kekompakan anggota OPH menjadi salah satu kunci keberhasilan pelaksanaan program-program OPH. Seperti kata Bayu Amiri, ” Rasa kebersamaan antar anggota, OPH sangat kuat, sehingga semua bekerja sama dengan sebaik-baiknya. Juga selalu berdoa mohon pertolongan Allah supaya seluruh aktifitas berjalan lancar. Begitu pesan para ustad”. (syah).