Praktek Dakwah Pandu Hidayatullah SMA Ar Rohmah 2018

Bersamaan dengan pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) bagi siswa kelas XII, kesiswaan SMA Ar Rohmah mengadakan kegiatan untuk para siswa kelas X dan XI bertajuk PDPH atau Praktek Dakwah Pandu Hidayatullah 2018. Kegiatan ini bertempat di Desa Pajaran Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Sesuai dengan agenda yang telah disusun, program imi dilaksanakan mulai tanggal 9 sampai 14 April 2018 mendatang. Tujuan kegiatan ini adalah melatih para siswa untuk praktek hidup bermasyarakat secara nyata, termasuk beraktifitas bersama warga setempat seperti bertani, beternak, dan juga mengajar TPQ serta bimbingan belajar.

Kedatangan para siswa di Desa Pajaran disambut langsung oleh kepala desa beserta aparatnya. Mereka mengapresiasi kegiatan PDPH dan mengharapkan keberadaan siswa-siswa SMA Ar Rohmah bermanfaat bagi warga desa. Tak lupa beliau mengingatkan beberapa adab dan norma yang berlaku di masyarakat supaya para siswa memahaminya.

Usai penyambutan dari pihak desa, para peserta PDPH menuju posko yang telah ditentukan. Selanjutnya,sesuai dengan pembagian kelompok masing-masing, para siswa segera menuju lokasi amaliyahnya. Beberapa kelompok kebagian tugas membantu para petani di sawah, mulai membersihkan sawah hingga membawa hasil panen ke rumah si petani. Ada juga kelompok yang bertugas menemani anak-anak warga yang masih bersekolah di tingkat SD belajar malam mengerjakan tugas sekolah mereka.

Nampak sekali, warga desa antusias menyaksikan aktifitas para siswa. Mereka banyak merasakan manfaat dari kehadiran para siswa SMA Ar Rohmah. (ardi).