Pembagian Raport Sisipan Semester Genap 2017/2018

Komunikasi dan kerjasama yang harmonis antara lembaga dengan orang tua siswa, merupakan diantara musabab berhasilnya seorang siswa dalam menempuh pendidikan di pesantren. Di LPI Ar Rohmah, pembagian hasil belajar siswa (raport) menjadi satu dari sekian banyak media untuk membangun komunikasi dan kerjasama lembaga dengan orang tua siswa. Seperti Ahad, 1 April 2018 kemarin, ratusan orang tua menghadiri pembagian raport tengah semester genap (sisipan) untuk kelas 7, 8 SMP, dan kelas 10, 11 SMA.

Diawali dengan forum pembinaan orang tua SMP SMA Ar Rohmah. Bertempat di masjid Baiturrohmah, para orang tua siswa mendengarkan tausyiah dan pemaparan hasil pendidikan putra-putranya selama tiga bulan terakhir. Ustadz Muhammad Syuhud, MM, Penanggung Jawab Bagian Akademik LPI Ar Rohmah memaparkan tentang progres nilai para siswa selama tri wulan pertama semester genap. Beliau menunjukkan rerata nilai dan rerata ketuntasan setiap kelas SMP dan SMA. Bagian berikutnya adalah Ustadz Muhammad Muhdi, selaku Penanggung Jawab Bidang Kepesantrenan LPI Ar Rohmah. Dalam kesempatan tersebut, beliau menunjukkan data belajar Al Quran dan kemandirian para siswa selama di asrama.

Usai kegiatan di masjid, para orang tua menuju kelas putranya masing-masing untuk bertemu dan berkonsultasi dengan wali kelas serta wali asrama. Dengan sabar, para wali kelas dan wali asrama memaparkan perkembangan seorang siswa kepada orang tuanya dari aspek akademik, Al Quran, akhlak dan mental spiritual. Semua informasi tentang si anak dipaparkan semuanya tanpa ditutup-tutupi, tentu saja dengan bahasa yang santun. Hal itu penting sehingga terjalin komitmen kuat antara orang tua, sekolah dan asrama untuk bekerja sama mendidik siswa menjadi pribadi yang taqwa, cerdas, dan mandiri.