UTS Genap SMP Ar Rohmah: Berintegritas Dan Berprestasi

Selama sepekan kemarin, 12 – 17 Maret 2018, seluruh siswa kelas 7 dan 8 SMP Ar Rohmah Boarding School, mengikuti Ujian Tengah Semester Genap. Mulai Senin hingga Sabtu, para siswa mencurahkan segenap usahanya untuk mengerjakan soal-soal yang ada guna memperoleh prestasi terbaik. Jumlah siswa yang mengikuti UTS Genap ini sebanyak 342 siswa, meliputi 12 kelas. Materi ujian terdiri dari seluruh materi pelajaran yang diajarkan di sekolah, umum dan diniyah.

Selain menjadi salah satu barometer untuk mengukur kemampuan para siswa dalam menyerap materi-materi pelajaran yang diberikan di kelas, UTS juga dijadikan salah satu wadah pembentukan karakter kejujuran. Diantaranya, kejujuran dalam mengerjakan setiap butir soal. Desain ujian dibuat sedemikian rupa supaya para siswa mampu menerapkan prinsip kejujuran ketika mengerjakan soal-soal ujian. Misalkan, dalam satu ruangan ujian dicampur antara kelas 7 dan 8, sehingga meminimalkan keinginan untuk mencari jawaban dari sesama mereka. Maka tema UTS Genap ini adalah Berintegritas dan Berprestasi.

Menurut Ustadz Hendra Rubianto, selaku ketua panitia, pelaksanaan UTS Genap berlangsung dengan lancar mulai awal hingga akhir. Panitia bekerja semaksimal mungkin dengan tanggung jawab, sementara para siswa sebagai peserta ujian antusias mengikuti seluruh ujian. “Harapan kami, pelaksanaan UTS tidak hanya menghasilkan nilai pada aspek akademik saja, namun juga membentuk sikap dan perilaku para siswa,khususnya kejujuran”, tambah ustadz yang berasal dari kota Probolinggo tersebut. (hd).