Ujian Praktek Bahasa Arab kelas 12 SMA Ar Rohmah

Hari-hari sibuk untuk para siswa kelas 12 terus berlangsung. Menuju UNBK yang dilaksanakan awal April 2018 mendatang, mereka terlebih dahulu menghadapi serangkaian ujian lainnya seperti ujian praktek yang dilaksanakan pekan kemarin seperti Bahasa Arab, Fisika, Kimia dan PAI. Bahasa Arab diujikan karena salah satu pelajaran muatan lokal di SMA Ar Rohmah.

Dalam ujian praktek bahasa Arab ada dua materi yang diujikan yaitu fahmul qiroah dan muhadatsah. Menurut penanggung jawab ujian praktek bahasa Arab, Ustadz Dodik Yanuar, fahmul qiroah adalah bentuk ujian pemahaman terhadap teks bacaan. Setelah membaca teks berbahasa Arab yang disediakan panitia, siswa akan ditanya tentang kandungan teks yang dibacanya.

“Sedangkan muhadatsah bentuk ujianya para siswa berpasangan kemudian berdialog dengan menggunakan bahasa Arab. Aspek yang dinilai meliputi intonasi, ekspresi, dan mimik saat berdialog”, tambah ustadz yang merupakan alumni Pesantren Dalwa Pasuruan ini. Menurut beliau, semua materi yang diujikan telah dipelajari para siswa selama setahun terakhir.

Para siswa kelas 12 Ar Rohmah sendiri terlihat sungguh-sungguh mempersiapkan diri, sambil menunggu panggilan dari panitia untuk masuk ke ruang ujian. Kalimat-kalimat bahasa Arab terdengar dari banyak sudut di area sekitar ruang ujian. Tampak pula beberapa siswa saling berpasangan mempraktekkan dialog yang harus mereka hafalkan. Bahkan, tidak jarang ketika ada seorang ustadz yang bisa berbahasa Arab, melewati kerumunan mereka, beberapa siswa bertanya tentang arti beberapa kata yang mereka tidak mengetahui artinya. (ardi).