Membumikan Kultur Cinta Al Qur’an

Selain berprestasi secara akademik dan bahasa internasional, siswa SMA Ar Rohmah juga diharapkan mencintai al Qur’an serta intensif berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Dalam upaya menumbuhkan rasa cinta itu, para siswa dibiasakan membaca al Qur’an setiap harinya, satu hari satu juz (odoj). Di lingkungan SMA Ar Rohmah, program itu dilaksanakan setiap selesai sholat Dhuhur berjamaah.

Dengan berbaris sesuai shoff sholat, para santri membaca al Qur’an mereka masing-masing. Menurut Ustadz Mawardi, Kepala Urusan Kesiswaan, program ini disamping bertujuan supaya para siswa lebih lancar membaca al Qur’an, juga melembutkan hati mereka. Dengan dekat al Qur’an, spiritualitas mereka insya allah akan semakin meningkat sehingga semangat belajar juga meningkat. “Tentu saja semangat belajar akan membuat suasana belajar lebih hidup, karena para siswa serius menyimak dan menerima pesan-pesan dari para guru”, tambah beliau.

 

Dengan beberapa kejadian di dunia pendidikan Indonesia belakangan ini terkait tindak kekerasan terhadap guru yang dilakukan para siswa, mendekatkan para siswa dengan al Qur’an merupakan salah satu upaya menghindarkan peristiwa itu terjadi di lingkungan SMA Ar Rohmah. (ardi).