Halaqoh al Qur’an Guru SMA Ar Rohmah

Sebagai sebuah lembaga pendidikan berbasis pesantren, spirit al Qur’an sangat mewarnai dalam gerak langkah seluruh elemen di LPI Ar Rohmah. Semangat utk hidup berquran diwujudkan dalam aktifitas-aktifitas keseharian. Tidak hanya para siswa yang harus berakrab dengan al Qur’an, para gurupun senantiasa berusaha untuk menjadikan al Qur’an sebagai bagian dirinya, terlebih mereka adalah uswah yang baik bagi para muridnya.

Di lingkungan guru SMA Ar Rohmah, setiap hari usai melaksanakan sholat Dhuhur berjama’ah, para guru membuat halaqoh al Qur’an di lantai dua masjid Baitturrohmah. Dengan dibimbing guru yang memiliki kemampuan bacaan al Qur’an paling baik, mereka bergantian membaca masing-masing satu ayat sambil dibenarkan bacaannya oleh ketua halaqoh. Program ini diharapkan menjadi salah satu media para guru meningkatkan kualitas bacaan al Qur’an mereka.

Di samping halaqoh al Qur’an, setiap pagi para guru juga saling bergantian membaca syarah kitab arbain nawawi. Kegiatan tersebut dilaksanakan 15 menit sebelum jam pembelajaran dimulai. Menurut Ustadz Mawardi, penanggung jawab program keagamaan guru, pembekalan ini diantaranya sebagai upaya menjaga kualitas ruhiyah dan spiritual para guru. “Mendidik zaman sekarang tantangannya cukup berat, para guru tidak hanya dituntut memiliki inovasi dan ketrampilan dalam pembelajaran, namun juga bekal spiritual sehingga mampu mencelup mentalitas dan akhlaq para siswa supaya lebih baik”, tambah ustadz dari Lombok, Nusa Tenggara Barat ini. (ardi).