Siswa SMP Ar Rohmah Juara I Esai Se Jawa Timur

Jika Januari oleh sebagian masyarakat Indonesia kepanjangan dari hujan sehari-hari, untuk tingkat SMP Ar Rohmah Januari berarti hujan prestasi. Setelah meraih juara umum Hidayatullah Islamic Competition 2018 tingkat Jawa Timur awal Januari kemarin, prestasi emas kembali diraih siswa SMP Ar Rohmah. Kali ini torehan emas berasal dari bidang menulis atau esai melalui dua siswa yaitu M Julio Hibatul Wafi dan Jundullah Rifqi sebagai juara pertama lomba Essai di SMAN 1 Sooko Mojokerto. Kedua siswa tersebut berhasil menyisihkan puluhan peserta dari sekolah menengah negeri dan swasta di Jawa Timur.

Dalam lomba essai kali ini, kedua siswa SMP Ar Rohmah itu mengangkat tema “YouTuber dan Bahasa Kekinian”. Mereka berdua membahas masalah pengaruh bahasa YouTuber terhadap kepribadian generasi muda. Tidak bisa dipungkiri bahwa bahwa setiap video yang diunggah k You Tube mengundang banyak tanggapan dan komentar dari para YouTuber yang memiliki latar belakang pendidikan beragam, juga kedewasaan dalam berbahasa. Akibatnya, seringkali muncul kalimat atau komentar dengan bahasa kurang pantas (kotor, bahkan cacian) yang tidak sesuai dengan norma agama dan budaya kerimuran. Tentu saja dibutuhkan filter atau penyaring berupa pendidikan agama yang kuat agar generasi muda, khususnya generasi muda Islam, tidak terpengaruh dampak negatifnya.

Kedua santri Hidayatullah Malang tersebut mampu mempresentasikan karya tulisnya dengan baik. Pada sesi tanya jawab semua pertanyaan dari dewan juri berhasil dijawab dengan argumentasi yang lugas dan jelas. Terlihat dari skor akhir, nilai duet JJ “Julio dan Jundullah” unggul jauh dari peringkat kedua dan ketiga. Pada event yang sama tahun sebelumnya, tim dari SMP Ar Rohmah meraih juara dua. (bsh).