Membangun Sinergi Sukses UNBK Dan Ujian Pesantren Kelas 9 SMP

Pada tahun akademik 2017/2018 ini, sekolah dan kepesantrenan SMP Ar Rohmah mempunyai target tinggi yang harus dicapai masing-masing unit. Untuk sekolah, target tahun ini adalah rangking 3 nilai UNBK individu tingkat Kabupaten Malang. Unit Kepesantrenan memiliki target seluruh siswa lulus ujian komprehensif Al Qur’an, yakni 3 juz untuk kelas reguler dan 10 juz untuk kelas tahfidz.

Dengan target seperti itu, tim sekolah dan kepesantrenan SMP Ar Rohmah telah menyusun serangkaian kegiatan-kegiatan terstruktur guna mewujudkan target tersebut. Tentunya, para orang tua siswa sebagai salah satu stake holder harus dilibatkan, sehingga sinergi antara sekolah, siswa dan orang tua terjalin dengan baik. Dengan tujuan membangun sinergitas tersebut, Ahad, 17 September 201, pihak sekolah menghadirkan orang tua siswa kelas 9.

Sejak setengah 8 pagi, orang tua siswa mulai hadir berdatangan di area SMP Ar Rohmah. Mayoritas orang tua hadir bapak dan ibu, mengingat pentingnya acara ini. Termasuk orang tua wali siswa dari luar Jawa seperti Samarinda, Makasar dan Papua.

Dalam pengantar kegiatan tersebut, Ustadz Syarif Hidayatullah, Kepala SMP Ar Rohmah, menjelaskan pentingnya kerja sama intens antara sekolah dengan orang tua supaya harapan terhadap anak kelas 9 terwujud. “Tanpa sinergi yang baik, harapan kita untuk memiliki anak-anak yang taqwa, cerdas, dan mandiri tentu akan sulit” kata ustadz yang murah senyum tersebut.

Selama 3 jam, Ustadz Zaki Hidayat, Kepala Urusan Kurikulum, dan Ustadz Nur Ihsan, Kepala Kepesantrenan SMP, berdiskusi dengan para orang tua tentang program-program kelas 9 selama 10 bulan kedepan. Beliau berdua banyak menanggapi pertanyaan dari para orang tua siswa tentang progres anaknya selama ini, dan apa saja yang harus mereka lakukan untuk mensupport anaknya. (syah).