Dharma Refa: Restu Orang Tua Dan Sholat Malam, Kunci Sukses Belajar Di Negeri Orang

Mintalah doa kepada orang tua kalian, Insya Allah doa mereka tidak akan tertolak. Selain itu, istiqomahkan sholat malam. Jadikan sholat malam kebiasaan setiap hari sebagaimana di pesantren. Insya Allah dua hal itu bisa menjadi kunci sukses kita belajar mencari ilmu dimana saja.

Demikian diantaranya pesan yang disampaikan Dharma Refa dihadapan ratusan siswa kelas 9 SMP Ar Rohmah. Dharma Refa merupakan alumni SMP dan SMA Ar Rohmah yang saat ini sedang menyelesaikan kuliahnya di Jerman. “Banyak anak pesantren yang merasa sudah cukup bekal agamanya setelah mondok 3 tahun. Padahal 6 tahun mondok saja, saya masih merasa kurang” tambahnya.

Pemuda kelahiran Probolinggo dua puluh empat tahun lalu ini hadir di kampus LPI Ar Rohmah untuk bersilaturahim kepada para ustadz mumpung lagi mudik ke Indonesia. Kepulangannya ke Indonesia merupakan yang pertama selama empat tahun menempuh studi di Fakultas Ekonomi Universitas TU Jerman.

Tidak hanya memberikan motivasi kepada kelas 9 SMP Ar Rohmah, Refa, panggilan pemuda berkulit putih ini, juga membagi pengalaman belajarnya di Jerman kepada para siswa SMA Ar Rohmah. Refa memberikan kiat-kiat sukses belajar di Jerman kepada Siswa-siswa SMA. Sukses tidak hanya berhasil memperoleh nilai yang memuaskan, juga tetap teguh memegang prinsip agama dalam kehidupan keseharian. ” Di Jerman, kebebasan berekspresi menjadi tantangan tersendiri bagi para mahasiswa lulusan pesantren. Jika tidak kurangnya bekal agama menyebabkan terjerumusnya para santri ke dalam pergaulan bebas” ujar pemuda kalem ini.

Selain memotivasi para siswa, Refa juga menceritakan perkembangan Islam di Jerman. Sesekali ia menggunakan bahasa Jerman ketika bercerita, tentu saja hal itu menarik bagi para siswa SMA dan membuat suasana lebih hidup. (ardi).