Gerakan “Jumat Bersih” Asrama SMA Ar Rohmah

LPI Ar Rohmah memiliki slogan “BERIMAN” (Bersih Indah Aman dan Nyaman) sebagai perwujudan nilai-nilai Islam yang ingin dibangun di kampus pesantren. Dalam lingkup di asrama SMA Ar Rohmah, slogan tersebut diantaranya adalah Gerakan Jumat Bersih, seperti pada Jumat, 8 September 2017.

Kegiatan Jumat bersih di asrama SMA Ar Rohmah diawali dengan apel bersama di halaman asrama. Ustadz Jumari, Kepala Asrama, menyampaikan amanat dalam apel tersebut. Isi amanatnya tentang pentingnya istiqomah untuk menjaga kebersihan lingkungan asrama, juga pesantren selama 24 jam dalam sehari. “Hari Jumat adalah hari mulia dalam Islam, oleh karenanya kita ambil sebagai momentum penginggat hidup bersih, indah, aman dan nyaman setiap pekannya.” begitu diantara isi ceramah beliau di hadapan seluruh siswa SMA Ar Rohmah.

Jika setiap hari para murobbi asrama akan memeriksa kebersihan kamar siswa dan kelengakapan seragam hariannya, setiap Jumat mereka juga mengecek kuku dan rambut setiap siswa. Satu persatu siswa maju ke hadapan murobbi kamarnya sambil menunjukkan kedua tangannya untuk diperiksa kukunya, juga model rambutnya. Jika ukuran kuku dan model rambut tidak sesuai ukuran standard, murobbi akan menstandarkannya saat itu juga.

Ustadz Mawardi, Kesiswaan SMA Ar Rohmah, sangat mengapresiasi Gerakan Jumat Bersih di asrama. Terlebih, pengecekan setiap hari terkait kelengkapan seragam siswa meminimalkan jumlah santri yang tidak lengkap seragam berikut atributnya. “Sinergi antara guru sekolah dan murobbi merupakan bagian dari upaya serius kita untuk melahirkan pemuda yang sehat dan kuat untuk menjalankan amanah dari Allah. Itulah cita-cita kita bersama, mudah-mudahan terwujud dimasa yang akan datang” pungkas beliau. (ardi).