Festival Sate Nusantata

Guna memeriahkan syiar Iedul Adha, Kesiswaan SMA Ar Rohmah menggelar beragam perlombaan pada Jumat, 1 September 2017. Perlombaan diawali dengan lomba takbiran pada Kamis malam, dan diakhiri dengan Festival Sate setelah pelaksanaan Sholat Idul Adha. Menurut Ustadz Mawardi, Kesiswaan SMA Ar Rohmah, semua kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tahunan sekolah.

Setiap kelas mendapat jatah daging kambing satu ekor untuk diolah dan dimasak bersama-sama. Wali kelas dan wali asrama bertindak sebagai penasehat. Suasana kebersamaan sangat nampak terlihat dalam proses pengolahan, memasak dan penyajian hasil masakan.

Panitia lomba sate mendesain lokasi perlombaan semenarik mungkin. Para siswa yang tergabung dalam komunitas lettering membuat sebuah tulisan ucapan selamat datang pada sebuah papan di pintu lokasi perlombaan, sederhana namun indah.

Ada banyak kreasi sate yang ditampilkan oleh masing-masing kelas, misalnya Sate Sambal Kacang, Sate Komoh, Sate Kecap, dan Sate Gulai. Terdapat tiga kriteria penilaian dalam lomba sate, yaitu ide masakan, rasa, dan penyajian. “Testur dagingnya lembut, namun penyajiannya kurang menggoda ” ujar Ustadz Fahmi Ahmad, salah seorang juri.

Pujian kekaguman disampaikan Ustadz Wawan Sulchan, bagian Humas LPI Ar Rohmah. Beliau mengapresiasi kreatifitas para siswa SMA Ar Rohmah dalam menyajikan sate kepada dewan juri. “Mantap rasanya. Saya tidak menyangka ternyata anak-anak pinter masak” seru ustadz kelahiran Malang tersebut sambil mengacungkan jempol setelah ikut mencicipi sate. (ardi).