Program Bahasa Asing Bagi Siswa Ingin Kuliah Ke Luar Negeri

Tiga tahun terakhir, animo siswa SMA Ar Rohmah melanjutkan studi kuliah ke luar negeri terus meningkat. Negara-negara yang menjadi tujuan para siswa diantaranya adalah Jerman, Turki, Arab Saudi dan Malasyia. Mereka berangapan kualitas pendidikan tinggi di luar negeri setingkat lebih baik daripada di negeri sendiri. Guna membekali siswa SMA memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik, bagian kesiswaan mengagas program bahasa asing, khsususnya Arab dan Inggris.

Menurut Ustadz Mawardi, bagian kesiswaan SMA Ar Rohmah, jika memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik, para siswa diharapkan tidak kesulitan dalam mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi di luar negeri. “Tidak mungkin para siswa mampu menjawab soal-soal seleksi dengan baik apabila tidak faham arti dari soal-soal tersebut.”tandas beliau.

Diantara sarana peningkatan kualitas kemampuan berbahasa siswa, setiap Senin siang usai sholat Dhuhur, secara terjadwal para siswa SMA bergantian pidato berbahasa Arab atau Inggris. Kegiatan tersebut sebagai media melatih mental dan keberanian para siswa mengungkapkan pendapat serta pikirannya dalam bahasa asing.

Memasuki tahun pelajaran 2017/2018 ini, SMA Ar Rohmah terus melakukan terobosan-terobosan melalui serangkaian program baru untuk meningkatkan kualitas sekolah. Membangun budaya berbahasa asing di lingkungan sekolah merupakan salah satu program unggulan yang ditetapkan dalam target tahunan. (ardi).