Membangun Kebersaman di Sumber Marun

Tepat pukul 07.30 WIB empat mobil yang ditumpangi seluruh guru dan karyawan SMP Ar-Rohmah berangkat menuju obyek wisata Sumber Maron Gondanglegi Malang. Kurang lebih 35 orang SDM SMP Ar Rohmah mulai dari kepala sekolah, wali kelas, guru mata pelajaran hingga tukang sapu mengikuti kegiatan outing bersama pada Sabtu,18 Maret 2017.

“Monggo bapak-bapak skalian, silahkan menaiki mobil sesuai yang dishare kemarin di grup WA” kata Ust Suwanto, waka kurikulum sekaligus penanggung jawab kegiatan outing, memberi instruksi kepada para guru.

Outing bersama merupakan salah satu media yang dipergunakan SMP Ar Rohman dalam menjaga dan meningkatkan kebersamaan semua elemen di sekolah. Hal itu penting, mengingat dengan kebersamaan maka semua target sekolah selama setahun bisa dilaksanakan secara maksimal.

Wajah-wajah para guru nampak ceria selama mengikuti outing. Hilang kepenatan ketika melaksanakan rutinitas harian. Terlupakan untuk sementara waktu semua permasalahan di sekolah.

Salah satu permainan yang dilakukan adalah turbing. Masing-masing guru tergabung dalam satu kelompok. Dalam permainan ini setiap orang menaiki sebuah pelampung dari ban dalam roda mobil yang sudah dipompa. Masing-masing anggota kelompok saling terkait membentuk formasi terkuat supaya tidak lepas selama meluncur di atas arus sungai sepanjang 500 meter.

Teriakan memberi komando terdengar ketika setiap tim beradu strategi supaya menjadi yang tercepat menuju garis finish. Tidak sedikit anggota kelompok yang terpelanting jatuh karena pelampungnya terantuk batu atau tersangkut akar pohon yang menjalar di bibir sungai. Gelak tawa seringkali terdengar dari para guru menyaksikan aksi dari teman-teman mereka.

Permainan ini mengajarkan tentang pentingnya kerjasama tim, keberaniaan dan kepatuhan terhadap instruksi kepala regu. Kelompok yang mampu menerapkan tiga prinsip itu akhirnya memenangkan permainan turbing.

“Ustadz, tiga bulan lagi kita outing ke sini saja ya” celetuk salah seorang guru kepada Ustadz Fauzan, selaku ketua panitia kegiatan outing di Sumber Maron. Guru lainnya mengacungkan jempol sambil tersenyum mendengar usulan rekannya.

Usai Sholat Dhuhur berjamaah dan makan siang bersama, rombongan SMP Ar Rohmah meninggalkan kawasan Wisata Sumber Maron kembali ke sekolah. Bertambah semangat dan kekompakan tim menuju prestasi sekolah yang lebih baik. Insya Allah.