Mizan Terbaik Ke-4 Lomba Hafalan Qur’an 5 Juz Se-Jatim

Seorang santri perwakilan SMA ArRohmah berhasil menjadi terbaik ke empat dalam sebuah gelaran lomba tahfizhul quran (11/03/2017). Mizanurafi Ghifarhadi Prasiefa, kelas XI MIPA-1, secara tak terduga mampu menyisihkan kontestan lainnya dari berbagai daerah Jawa Timur pada lomba dilaksanakan oleh Universits Islam Malang (UNISMA) tersebut.

Gelaran lomba tahfizhul quran tersebut merupakan rangkaian kegiatan menyemarakkan dies natalis ke-36 dari UNISMA. Selain tahfizh, berbagai lomba juga digelar. Seperti tilawah, tartil, dan shalawat al-Banjari. Khusus tahfizh, jumlah yang dilombakan sebanyak 5 juz.

Mizan, pada lomba tersebut, berhasil menembus babak final dengan lancar. Hanya saja, terang ustadz Dodik yang mendampingi, penampilan Mizan di babak final tidak sebaik di babak penyisihan.

“Sebenarnya Mizan bisa lebih baik dari tiga peserta lainnya, namun ketika ia tampil dalam babak final mizan sempat grogi,” jelas salah satu wali asrama tersebut.

Walau demikian, lanjut ustadz Dodik, pencapaian ini tetap harus disyukuri. Setidaknya, terangnya, prestasi ini menjadi pengalaman dan pelajaran untuk lomba-lomba selanjutnya.

Dihubungi terpisah, Mizan sendiri mengaku tidak menyangka bisa lolos ke babak final. Sebab menurutnya, peserta lain kebanyakan berasal dari pesantren ternama di Jawa Timur.

“Sempat agak pesimis,” katanya.

Meski demikian, lanjutnya, prestasi ini menjadi motivasi baginya untuk terus menguatkan hafalan alQurannya lagi.