‘‘AKU BANGGA MENJADI SANTRI“ Kajian Keislaman Bekal Santri Sebelum Liburan

 

Kamis, 31 Desember 2015 OPH SMP Ar-Rohmah Malang  kembali menggelar kajian santri dengan tema‘‘Aku Bangga menjadi Santri“. Kajian tersebut bertujuan untuk membekali anak-anak yang nyantri di Pesantren Hidayatullah Malang.  Tradisi kajian pembekalan sebelum pulang tersebut sengaja mengangkat tema ‘‘Aku Bangga Menjadi Santri“ agar semua anak yang saat ini sedang menimba ilmu dan menempa dirinya dipesantren sadar akan gelar dan status yang ia miliki. Dan agar mereka sadar bahwa saat ini mereka tidak lagi sama dengan anak-anak pada umumnya yang hanya berstatus siswa saja.

Kajian tersebut mendatangkan ust. Imam Malik sebagai pemateri. Selama 2 jam lebih peserta kajian sebanyak 400 santri terlihat sangat antusias dalam mengikuti acara yang dilaksanakan di masjid Baiturrahmah tersebut. Untaian nasehat yang memotivasi dan menginspirasi membuat suasana kajian menjadi semakin menarik.

Dalam kajian tersebut ustad Imam Malik menyampaikan bahwa santri adalah sebuah gelar yang melekat kuat bagi anak yang belajar di pesantren. Meski Ribuan orang yang pernah menjadi santri namun tak banyak yang benar-benar menjadi santri sejati. Banyak orang yang gelar kesantriannya tertinggal atau sengaja ditinggal di pesantren. Artinya dia hanya merasa menjadi santri saat berada di pesantren, namun ketika dia lulus dari pesantren atau pulang saat liburan, status kesantriannya tidak dibawa pulang, sehingga santri yang terkenal dengan kemuliaan budi perkerti dan istiqomah dalam ibadah tidak lagi melekat pada dirinya, malas dan bahkan cenderung melampiaskan keinginan hawa nafsu dengan melakukan apa yang tak boleh dan tak ada di pesantrenm menjadi perilaku kebanyakan santri saat ini. Karena itu jadilah santri sejati yang selalu berbudi pekerti dan menjaga keistiqomahan dalam beribadah kapan dan dimanapun berada.

Dengan pembekalan tersebut diharapkan santri-santri Ar-Rohmah pesantren Hidayatullah Malang, menjadi generasi yang berbudi pekerti Qur’ani dan istiqomah dalam beribadah. Aamiin

b325715b-c23b-4a24-89a0-34df6293583f