Lomba PBB Tandai Akhir Tahun 1436 H

Simulasi Gerak PBB peserta SMP

Simulasi Gerak PBB peserta SMP

Menandai berakhirnya tahun 1436 H, Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Ar-Rohmah Putra Pesantren Hidayatullah Malang mengadakan berbagai macam kegiatan. Pagi ini, Selasa, 13 Oktober 2015 M yang bertepatan dengan 30 Dzulqo’dah 1436 H, Panitia Muharram menggelar lomba PBB. Lomba ini juga merupakan kegiatan pertama yang digelar panitia.

Lomba yang diikuti oleh seluruh santri ini mempertandingkan kelas-kelas di tingkat SMP dan SMA. Total ada 23 kelas yang ikut berpartisipasi dengan memberikan penampilan terbaik. Ada dua kriteria utama yang menjadi penilaian pada perlombaan ini, yaitu gerak jalan indah dan yel-yel Pandu Hidayatullah.

Titik start lomba adalah sebelah barat masjid Baiturrahmah. Di titik ini, setiap tim menampilkan yel-yel mereka terlebih dahulu. Ada beberapa tim juri yang menilai penampilan mereka di sini. Selanjutnya, mereka akan berjalan berbaris sampai di depan gedung Darussalam. Di titik ini, setiap tim memberikan atraksi PBB yang akan dinilai oleh 4 orang dewan juri.

Menurut salah seorang panitia, lomba ini diadakan, salah satu tujuannya, adalah untuk meningkatkan kedisiplinan santri di tahun baru mendatang. Seperti diketahui, baris-berbaris memang sarat dengan nilai-nilai kedisiplinan.

“Sehingga harapannya, santri bisa lebih disiplin lagi dalam mengikuti setiap kegiatan yang diadakan pondok,” ungkap Abdul Aziz, salah seorang panitia.

Selain peningkatan kedisiplinan, panitia berharap lomba ini juga mampu memberikan stimulan agar kekompakan dan kerja sama antar santri dalam kelas masing-masing lebih terasa dan lebih kuat.

“Juga, agar hubungan antara wali kelas dengan santri-santrinya lebih mesra dan lebih akrab,” ungkap Ustadz Mawardi, penanggungjawab lomba, ketika dihubungi secara terpisah.

Lomba yang dimulai sejak pukul 07.30 WIB ini berakhir menjelang masuknya waktu zhuhur. Alhamdulillah, semua kelas mampu memberikan penampilan terbaik yang mereka miliki.

Lomba ini akan dikehatui hasilnya ketika pembagian door prize esok hari, Rabu, 14 Oktober 2015, setelah acara Napak Tilas Hijrah Rasulullah –shallallahu alaihi wasallam-.