Delapan Semifinalis ARREVAL Lolos Ke Babak Final

Setelah melalui babak semifinal yang panjang dan melelahkan, akhirnya setelah zhuhur, Sabtu, 12 September 2015, panitia merilis 8 peserta ARREVAL yang berhak melaju ke babak selanjutnya. Finalis yang tersaring dari 40 peserta ini akan bertanding di babak final yang digelar mulai pukul 13.00 WIB.

Para finalis itu adalah Hanif Ardiansyah Sulistya dari MTsN 1 Malang dengan perolehan skor 140. Skor tinggi yang didapatkan ini menempatkan dirinya sebagai semifinalis dengan nilai tertinggi.

Di tempat kedua, Alecia Shafa Gesita dari MTsN 1 Malang dan M. Rachman Salim Nakul dari SMP Ar-Rohmah Putra terlihat memiliki kemampuan sama. Terbukti keduanya mendapat perolehan yang sama dengan skor 136. Di belakang mereka, Anindya Kirana dari MTsN 1 Malang dan Dara Salsabila Purwanto SMP Negeri 1 Kota Probolinggo menempel ketat dengan nilai 135. Keduanya juga mendapat nilai sama dan berada di tempat ketiga.

Posisi selanjutnya ditempati oleh Fadhilah Nur Rania Wibowo dari SMP Al Hikmah Surabaya dengan skor 121. Dan tempat kelima ditempati dua orang dari dua sekolah berbeda; Hudzifah Afif Alfatih dari MTsN 1 Malang dan Tsabita Qurrota Aini dari SMP Ar-Rohmah Putri Malang. Keduanya memperoleh nilai 115.

Di babak final, mereka tidak lagi berlomba mengerjakan soal-soal yang disiapkan panitia. Sebagai gantinya, mereka akan unjuk kebolehan untuk berpidato berbahasa Inggris. Dalam istilah panitia, lomba ini dinamakan speech contest.

Ada beberapa kriteria penilaian yang akan dinilai dari setiap penampilan peserta di babak ini. Kriteria itu adalah grammar struction, speaking, stage performance dan expression. Bertindak sebagai juri pada contest ini adalah Mr. Dimas dari Ganesha Operation, dan Ustadz Ali Maksum yang juga merupakan pembina LIC SMA Ar-Rohmah Malang.