40 Semifinalis ARREVAL I 2015 Akan Berebut 2 Kursi Bebas Tes Masuk SMA Ar-Rohmah

ARREVAL yang digagas LIC SMA Ar-Rohmah Malang memasuki babak semifinal hari ini, Sabtu, 12 September 2015. Semifinal kali ini diadakan langsung di kampus Hidayatullah Malang.

Dari babak penyisihan yang digelar beberapa hari lalu, tersisa 13 sekolah yang berhak melaju ke semifinal. Keseluruh sekolah tingkat menengah pertama tersebut berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur, seperti Probolinggo, Surabaya, Kediri, Pasuruan, Bojonegoro, Sidoarjo, Lamongan dan Malang. Menurut Amin Marzuq, ketua panitia acara ini, gelaran ini memang dilakukan se Jawa Timur.

Dari 13 sekolah perwakilan tersebut, ada 40 orang peserta yang memperebutkan 3 piala yang disediakan panitia. Mereka juga akan memperebutkan uang pembinaan senilai total 2 juta rupiah.

Tidak hanya itu. Ada hadiah khusus yang diberikan kepada pemenang utama dan kedua. “Kami akan berikan kesempatan masuk di SMA Ar-Rohmah Putra dan Putri dengan tanpa tes, dan diskon 25% uang pangkal,” terang ustadz Fahmi Ahmad, M.M, Kepala Sekolah SMA Ar-Rohmah ketika memberikan sambutan.

ARREVAL sendiri merupakan kegiatan tahunan LIC ArRohmah Putra. ARREVAL adalah akronim dari Ar-Rohmah English Carnival. Sesuai namanya, lomba yang diadakan semuanya berbau Inggris.

LIC sendiri merupakan organisasi santri otonom yang khusus didirikan untuk menggerakkan bahasa di lingkungan SMA Ar-Rohmah Malang. LIC merupkan akronim dari Languange Improvement Center. Tahun ini adalah tahun kedua organisasi ini berjalan.

“Pada tahun pertama, LIC mengadakan seminar bahasa di Pesantren Hidayatullah Malang. Alhamdulillah, ketika itu ratusan siswa dari berbagai sekolah se Malang Raya datang mengikuti seminar,” terang Ali Maksum, mahasiswa pasca UIN Maliki yang menjadi pembina LIC.

Selain bahasa Inggris, anggota LIC juga konsen pada bahasa Arab. Sebab bagaimanapun, bahasa Arab adalah kunci dalam memahami agama Islam. Maka merupakan hal yang wajib bagi santri yang belajar agama untuk mempelajari bahasa Arab.

SMA Ar-Rohmah sendiri, secara kelembagaan, juga mendukung program bahasa di lingkungan sekolah. “Ada 4 kultur yang merupakan konsentrasi kami di SMA Ar-Rohmah. 4 kultur ini merupakan breakdown dari misi membangun peradaban Islam yang diusung oleh Hidayatullah. Salah dari kultur tersebut adalah kultur cinta bahasa,” terang ustadz Fahmi dalam sambutannya.

Beberapa jam kedepan, akan diketahui siapa yang berhak menjadi finalis lomba ini. Para finalis akan melakukan speech contest yang akan dinilai oleh tim dari Ganesha Operation.

Reporter : Mawardi
Editor : Ibnu Basyier