Forum Silaturrahim Orang Tua SMP Ar Rohmah

Pendidikan anak merupakan tanggung jawab bersama. Karena itu perlu sinergi antara lembaga pendidikan, orang tua dan masyarakat, sebab salah satu hambatan tercapainya tujuan pendidikan anak adalah tidak adanya kesamaan visi dan misi antara lembaga dan orang tua, karena itu pada hari Ahad, 6 September 2015 diadakan forum silaturrahim wali santri  baru kelas VII dan kelas X SMP-SMA Ar-Rohmah Pesantren Hidayatullah Malang. Pertemuan tersebut merupakan forum komunikasi yang dilaksanakan setiap hari kunjungan. Jadi sebelum orang tua melepas kangen dengan putra-putranya semua wali santri diwajibkan mengikuti kegiatan tersebut.

20150907021720

KH. Muhammad Muhdi, M.Pd.I saat menyampaikan taushiyah dan pengarahan dalam forum silaturrahim wali santri

Hadir dalam pertemuan tersebut, Bapak Direktur kepesantran Ust. Muhammad Muhdi, M.Pd.I. Dalam sambutannya di samping menyampaikan perkembangan santri secara umum, beliau juga menjelaskan perlunya kerjasama antara orang tua dan lembaga agar target pembinaan dan pendidikan sesuai harapan khususnya dalam membangun kultur akhlaqul karimah dan kultur ‘ubudiyah baik di pesantren maupun di rumah. Karena saat ini santri masih pada masa-masa pertumbuhan sehingga sangat rentan terpengaruh oleh dampak negatif pekembangan teknologi. Sehingga sangat perlu kulturisasi rumah dengan kultur pesantren. Di samping itu juga, peran aktif orang tua dalam mengontrol perkembangan anaknya selama di pesantren sangat diperlukan sehingga semua wali santri diharapkan aktif berkosultasi dan menjalin komunikasi dengan pihak kepengasuhan dan guru atau wali kelas.

Alhamdulillah, kegiatan tersebut terlakasan dengan baik, cukup banyak wali santri yang hadir dalam pertemuan tersebut, dan wali santri juga cukup antusias mengikuti kegiatan tersebut dengan mengajukan beberapa pertanyaan dan usulan konstrukrif. Diharapkan peran serta wali santri dalam forum komunikasi berikutnya lebih baik lagi agar terjalin kerjasama yang sinergis dalam mensukseskan pendidikan anak agar menjadi anak yang Taqwa, Cerdas dan Mandiri.

(bsh arrohmah press crew)