Latihan Berkuda Siswa SMA Ar Rohmah

Salah satu keahlian yang hendaknya dimiliki dari seorang muslim adalah berkuda, keahlian ini merupakan saran  yang tersirat dalam hadits Rasulullah SAW. berikut ini :

كُلُّ شَئْ ٍلَيْسَ فِيْهِ ذِكْرُ اللهِ فَهُوَ لَهْوٌ وَلَعِبٌ إِلاَّ أَرْبَعٌ مُلاَعَبَةُ الرَّجُلِ امْرَأَتَهُ وَتَأْدِيْبُ الرَّجُلِ فَرَسَهُ وَمَشْيُهُ بَيْنَ الْغَرْضَيْنِ وَتَعْلِيْمُ الرَّجُلِ السِّبَاحَةَ

Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan, kecuali empat (perkara), yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan mengajarkan renang.” (HR. An-Nasa’i).

IMG_20150905_095741[1]

Raihan Kelas X sedang latihan berkuda

Terinspirasi dari hadits tersebut, SMA Ar Rohmah sejak tahun lalu mengadakan latihan berkuda. Latihan yang dilaksanakan setiap Sabtu jam sembilan ini, dilaksanakan dilapangan belakang asrama siswa SMA Ar Rohmah, Gedung Darussyahadah. Secara bergiliran para siswa diberikan kesempatan untuk menunggang kuda selama lima belas hingga dua puluh menit lamanya. Penulis sempat melihat latihan berkuda secara langsung pada Sabtu kemarin.Terlihat para siswa yang tergabung dalam eskul berkuda sudah mulai ahli dalam mengendalikan kecepatan lari kuda yang ditungganginya, meskipun baru belajar beberapa kali.