ENGLISH MORNING (EM)

Tepat pukul jam 07.00 WIB bel berdering manandakan aktifitas belajar dimulai, sesaat kemudian di pagi yang cerah nan sejuk itu suasana riuh dan ramai menjadi menu pembuka belajar siswa, di teras-teras kelas terlihat siswa berkelompok dengan semangat meneriakkan kalimat-kalimat dalam bahasa asing mengikuti petunjuk tutor sebayanya. Di ruang kelas tak kalah ramainya, dari balik pintu terdengar suara cas cis cus bersahutan dari siswa yang sedang mempraktikkan percakapan harian dalam bahasa inggris. Suasana rutin seperti itu akan selalu terasa dan terlihat di setiap pagi. Karena semua siswa dituntut untuk menguasai bahasa inggris sebagai bekal dakwah kelak pada waktunya, dan agar tak kalah dalam persaingan global nanti pada saatnya.

English Morning merupakan Salah satu program PKBI (Program Khusus Bahasa Inggris) dalam meningkatkan kemampuan dalam berbahasa inggris siswa. Seluruh siswa diwajibkan mengikuti program tersebut yang dilaksanakan setiap pagi selama 15 sampai 20 menit sebelum pelajaran dimulai. Pada kegiatan tersebut siswa dibimbing untuk menambah vocabulary dan mengembangkannya menjadi percakapan sederhana dalam keseharian.

20150903191243

Dalam pelaksanaan English morning siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok kecil dan masing-masing kelompok beranggotakan delapan sampai sepuluh siswa. mereka terlihat bersemangat saat mengikuti kegiatan tersebut karena dikonsep dengan baik, menarik dan  menyenangkan. Disamping itu yang menarik dari program EM ini adalah pembina program EM  adalah teman sebaya (tutor sebaya) yang memiliki kemampuan lebih dalam berbahasa inggris dan telah mengikuti training khusus sebelum terjun menjadi tutor sebaya yang tergabung dalam tim EM (English Movers) atau tim penggerak bahasa divisi Bahasa OPH SMP Ar-Rohmah.

Semoga dengan adanya program ini output SMP Ar-Rohmah tidak hanya hafidz Al-Qur’an tetapi juga mampu menyampaikan dakwah islamiyah ke penjuru dunia. Aamiin

(bsh arrohmah Press Crew)