Membentuk Pribadi Muslim Yang Tangguh Lewat Pandu Hidayatullah

Sabtu pagi (29/8/2015), para santri SMP-SMA Ar-Rohmah Malang mengikuti kegiatan Pandu Hidayatullah. Kegiatan yang dilaksanakan secata rutin setiap Sabtu ini, wajib diikuti seluruh santri dari pukul 07.00 hingga 09.00 WIB.

“Pada dasarnya, kegiatan Pandu Hidayatullah di SMP-SMA Ar-Rohmah ini merupakan wadah pembinaan santri Hidayatullah yang dibentuk dan dikoordinasikan oleh pesantren untuk mencetak pribadi santri yang kuat dan tangguh sesuai dengan visi misi membentuk generasi cerdas, taqwa dan mandiri,” demikian yang disampaikan Syarif Hidayatullah, M. Pd.I, selaku kepala SMP Ar-Rohmah Malang.

“Santri SMP-SMA Ar-Rohmah adalah para kader yang disiapkan untuk memikul amanah dakwah. Sehingga merupakan sebuah keharusan bagi setiap santri untuk memiliki ruhani dan jasmani yang sehat dan kuat,” lanjut beliau.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa kegiatan pandu Hidayatullah yang diikuti oleh seluruh santri SMP-SMA Ar- Rohmah Malang ini dibina secara langsung oleh para instruktur pandu dari Syabab Hidayatullah Malang. Syabab itu sendiri merupakan organisasi kepemudaan dibawah naungan Ormas Hidayatullah. Sehingga, mereka merupakan para instruktur yang terlatih dan memahami dengan baik manhaj dakwah Hidayatullah.

IMG_20150829_082708

Para santri antusias mendengarkan arahan dari instruktur

Wildan Maulana, salah satu instruktur senior pandu Hidayatullah menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini seluruh santri dibekali dengan materi-materi tsaqofiyah dan jasadiyah. Materi tsaqofiyah merupakan materi keagamaan yang meliputi aqidah, ibadah, dakwah, dan berjama’ah. Sementara materi jasadiyah merupakan materi-materi untuk melatih kedisiplinan, ketangkasan, dan tanggungjawab yang dilakukan melalui kegiatan-kegiatan lapangan, seperti baris-berbaris, tali temali, survival, dll.

Wildan yang juga merupakan anggota SAR Hidayatullah ini mengatakan bahwa para santri juga diberi bekal pengetahuan Medis First Responden (MPR). Harapannya, melalui materi ini selain para santri memiliki raga yang kuat dan sehat mereka juga mampu mengambil tindakan saat terjadi kecelakaan dalam bertugas.