Refleksi Tahun Baru Hijriah 1435 H

Memperingati Tahun Baru Hijriyah, Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Ar-Rohmah Malang, Jawa Timur, menggelar berbagai acara. Mulai Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT), termasuk tahajud, hingga Jalan Sehat. Pada Senin (4/11/2013), bertepatan 30 Dzulhijjah 1434 H, digelar acara Refleksi Tahun Baru Hijriyah 1435 H.

Dalam acara ini, LPI Ar-Rohmah mengundang Ketua Departemen Pendidikan Pimpinan Pusat Hidayatullah Ustadz Ali Imron, M.Ag untuk memberikan taushiah. Dalam tausiahnya di depan 700-an santri dan puluhan asatidz (para ustadz. Red), beliau mengangkat tema tentang pentingnya iman, hijrah dan jihad dalam diri seorang pemuda.

“Bangsa ini akan kembali kepada kejayaannya jika generasi muda Indonesia beriman yang benar, berhijrah kepada perubahan yang lebih baik, dan selalu menyalakan semangat jihad dalam dirinya,” ujarnya berapi-api di Lapangan Darul Jihad.

Dalam acara tersebut, seorang ustadz menguraikan napak tilas perjalanan perjuangan Umar bin Khattab yang mencetuskan pertama kali penanggalan Hijriyah. Umar yang dikenal dengan keberaniannya pernah didoakan oleh Nabi Muhammad ketika masih jahiliyah. “Ya Allah, muliakan dan kuatkan Islam dengan dua Umar,” do’a Nabi ketika itu. Yang dimaksud dua Umar salah satunya adalah Umar bin Khattab.

Acara yang digelar sejak usai Shalat Isya’ tersebut turut dimeriahkan oleh berbagai penampilan dari para santri SMP dan SMA Ar-Rohmah Pesantren Hidayatullah Malang. SMP menampilkan Grup Shalawat, dan SMA diwakili oleh Grup Nasyid Arvo (Ar-Rohmah Voice) yang menyumbangkan dua nasyid. Acara ditutup dengan penampilan drama bahasa inggris dari perwakilan SMA.

Jalan Sehat

Pagi harinya, Selasa (5/11/2013), ratusan santri berseragam orange, Pandu Hidayatullah, berbaris rapi berkumpul di Lapangan Utama melakukan upacara. Tampil sebagai inspektur upacara, Ustadz Ali Imron yang juga Direktur LPI Ar-Rohmah Putra Malang.

Pandu Hidayatullah Tingkat Muttahid menampilkan atraksi memukau dalam pembukaan upacara.

Setelah upacara, acara selanjutnya adalah Jalan Sehat. Mengambil jalan memutar mengelilingi 2 desa, peserta terdiri dari seluruh santri dan karyawan LPI Ar-Rohmah Putra. Acara jalan sehat ini dimeriahkan dengan berbagai Door Prize menarik.

Sehari sebelumnya, OPH (organisasi Pelajar Hidayatullah) Ar-Rohmah, baik SMP maupun SMA menggelar berbagai lomba dalam rangka menyambut tahun baru. Acara ini diikuti oleh seluruh santri. Dari seni hingga fun game, membuat para santri terlihat begitu antusias mewakili kelas masing-masing.

“Hasilnya sudah keluar. Pengumuman pemenang akan diumumkan pada Senin depan pada Apel Gabungan (SMP-SMA), dirangkai dengan pengumuman pemenang Festival Idul Adha kemarin,” terang Dimas, salah seorang pengurus OPH SMA.