Training Akhlak Siswa SMA AR ROHMAH

Munculnya Fenomena kemerosotan akhlak genearasi Islam saat ini, menyebabkan terjadinya berbagai perilaku yang menyimpang dari norma agama yang sebenarnya. Sering kali kita mendengar lewat media massa dan yang kita temukan sendiri, bagaimana seorang anak tidak lagi berakhlak baik terhadap orang tuanya,bahkan lebih jauh lagi ada anak yang tega membunuh orang tuanya. Prilaku semacam ini oleh banyak psicholog dikatakan sebagai akibat banyaknya pengaruh external pada perkembangan diri anak.Pengaruh external (luar) tersebut bisa datang  akibat tontonan yang tidak mendidik, pergaulan bebas diantara mereka, kurangnya perhatian kedua orang dan kurangnya budaya saling menasehati antara anak, guru di sekolah dan orang tua dirumah.

Berkaca dari fenomena tersebut SMA AR ROHMAH selama Ramadhan,setiap hari sabtu mengadakan training husus tentang adab dan Akhlak. Sabtu kemaren (13 juli 2013)  misalnya, bertempat di aula SMA lantai tiga para siswa mendapatkan materi adab kepadaAllah,Rasulullah dan orang tua. Ustadz Farid sebagai pemateri pertama menjelaskan dengan bahasa remaja tentang pentingnya akhlak sebagai parameter dalam menentukan teman bergaul.Bahkan dalam memilih calon pendamping hidup, akhlak menjadi hal penting untuk di perhatikan bagi seorang suami, namun lanjut beliau akhlak terhadap Allah menjadi landasan utama untuk menentukan baik dan buruknya sebuah norma yang ada ditengah-tengah masyarakat.

Training akhlak ini dimulai sejak jam 08.00 wib. Hingga jam 10.00, sebelumnya jam 07.00 wib. Para siswa diwajibkan untuk membaca al qur’an selama satu jam, mudah-mudahan dengan training singkatini para siswa mendapatkan pencerahan tentang pentingnya mejaga akhlak dalam kehidupan sehari-hari.