Irsyad Fadlurrahman Santri Terfavorit Ar-Rohmah 2013

Setelah melalui proses yang panjang dan berbelit, akhirnya hari ini, Jum’at, 17 Mei 2013, pukul 22.00 Malam Penganugerahan ISTH Awards 2013 berhasil menuntaskan rasa penasaran santri SMP Ar-Rohmah Pesantren Hidayatullah Malang. Menyisihkan favorit lainnya dengan mengumpulkan 105 poin, akhirnya Irsyad Fadlurrahman dinyatakan sebagai Santri Terfavorit 2013. Santri kelas VIII Robbani asal Kebumen ini berhasil mengalahkan unggulan lainnya dengan selisih nilai 40 dari pesaing terdekatnya, Reihan Rizki Ramadhani, kelas VII Internasional, yang hanya mampu mengumpulkan 65 poin.

Terpilihnya Irsyad sebagai Santri Terfavorit 2013 tidak lepas dari dukungan seluruh elemen kepesantrenan di SMP Ar-Rohmah, mulai dari pengasuh hingga santri. Pada proses awal, pengasuh mengajukan beberapa nama yang memenuhi syarat sebagai nominator, lalu setiap santri memberikan pilihannya kepada empat nominator yang telah ‘disaring’ oleh panitia.

Jatuhnya pilihan Santri Terfavorit terhadap Irsyad juga diluar dugaan berbagai pihak. Pasalnya, tiga favorit lainnya berasal dari kelas Internasional –Ahmad Haduhiq Syihab al Fahroni dan Reihan Rizki Ramadhani kelas VII Internasional dan Ikhsanul Akbar Rasyid dari kelas VIII Internasinal– yang merupakan kelas favorit di SMP Ar-Rohmah. “Pergaulan Irsyad yang supel dan ramah serta selalu 5S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun) mungkin menjadi nilai lebih di mata anak-anak sehingga anak-anak lebih memilih dia, “jelas Ust. Khoirul Anam, Pembina ISTH.

Selain penganugerahan santri terfavorit, ISTH Awards juga memberikan apresiasi kepada sembilan santri lainnya yang berhasil keluar sebagai juara pada berbagai kategori penilaian. Kategori-kategori yang dinilai adalah seluruh aspek dilingkungan asrama, yaitu Khitobah Bahasa Arab, Tilawah Al-Qur’an, Tahfidz Al-Qur’an Tingkat A dan Tingkat B, Karya Seni, Teladan ‘Kutaib’, Kedisiplinan, Akhlaq dan Ibadah. Untuk setiap kategori, seluruh pengasuh mengajukan dua orang santri asuhnya yang memenuhi syarat dan ketentuan sebagai nominator. Setelah ‘disaring’ dengan berbagai syarat-syarat rumitnya, tersisalah tiga orang nominator untuk setiap kategori. Penentuan the best of the chategory ditentukan langsung oleh Kepala Asrama SMP Ar-Rohmah, Ust. Nur Ikhsan, S.Pd.I.

Nama-nama the best of the chategory itu adalah, Alif Sakti Fadharis (VIII Al Azhar, asal Probolinggo) untuk kategori Khitobah, Muhammad Hafidz Hibatullah (VII Internasional, asal Papua) untuk kategori Tilawah, Muhammad ‘Iffat Faadhil (VIII Internasional, asal Gresik) untuk kategori Kedisiplinan, Wildan Amarullah Arrosyid (VII Internasional, asal Gresik) untuk kategori Tahfidz A, Alif Faadhillah Prasetyo (VIII Internasional, asal Bali) untuk kategori Tahfidz B, Reyhan Salsabil (VIII Al Azhar, asal Banyuwangi) untuk kategori Karya Seni, Tubagus Nashrul Mubarok (VIII Internasional, asal Probolinggo) untuk kategori Akhlaq, Primus Muhammad Ihza Kusuma (VII Olimpiade, asal Malang) untuk kategori Teladan Kutaib, dan Ahmad Haduhiq Syihab al Fahroni (VIII Internasional, asal Malang) untuk kategori Ibadah. “Butuh waktu kurang lebih setahun untuk menilai mereka berhak mendapat apresiasi di Malam Penganugerahan ini, “terang Ust. Khoirul Anam.

Sebuah kehormatan untuk anggota ISTH sendiri adalah terpilih sebagai ISTH Terbaik 2013. Predikat ini dikhususkan untuk mengapresiasi anggota ISTH 2013 yang kinerja baik dan bagus. Sebuah anugerah besar pula bagi Muhammad Nashiruddin Ilyas untuk bisa terpilih menjadi IST Terbaik 2013. Santri asal Malang kelas VIII Internasional ini berhak mendapat predikat prestesius sebagai ISTH Terbaik berkat kerja keras dan kesabarannya membimbing 29 kawannya di lingkungan ISTH. Nashir, begitu dia disapa, adalah ketua terpilih ISTH untuk masa jihad 2012-2013.