Workshop Jurnalistik OPH SMA Ar Rohmah

Dua puluh empat anggota OPH mengikuti workshop jurnalistik pada Jum’at (8/3), workshop ini bertujuan untuk  memberikan keterampilan reportase yang baik dan  menarik bagi seluruhh peserta. Sebagai pemateri dalam acara ini adalah Khalid Amrullah (wartawan radar Malang)  dan wawan (praktisi sebuah perusahaan penerbitan ) . Pada kesempatan tersebut Khalid Amrullah yang juga pernah mengajar di SMP Ar Rohmah periode 2005 memaparkan akan pentingnya pemilihan bahasa ketika menulis sebuah berita, beliau menekankan kepada seluruh peserta agar tidak takut salah dalam menulis sebab dari kesalahan itulah kita akan belajar untuk membuat berita yang baik ungkap beliau.

Selain membahas masalah bahasa jurnalistik, pada kesempatan workshop ini juga para siswa dibekali cara lay out berita yang menarik, sebab berita yang baik jika tidak didukung lay out yang baik tidak akan terlalu menarik bagi pembacanya. Demikianlah ungkapan mas Wawan dari Intrans medi ketika menyampaikan materi lay out dengan menggunakan page maker. selain itu Workshop perdana yang hanya diikuti anggota OPH ini membahas tentang ; cara membuat dan ciri – ciri berita yang menarik dan berbobot, serta cara mendesain layout halaman yang proposional.

Disela – sela penyampaian materi, pak Khalid, banyak memberikan apresiasinya terhadap karya tulis yang dibuat oleh anggota OPH. Khususnya saat beliau memberikan latihan menulis berita hanya dari poin – poin yang diberikan oleh beliau.

” Kami (pihak sekolah, red) berharap dengan adanya acara ini kinerja OPH akan semakin meningkat ” ucap Ust. Mawardi, penanggung jawab acara sekaligus kaur. kesiswaan SMA Ar-Rohmah. Workshop kemudian ditutup dengan pengumpulan contoh-contoh berita yang ditulis para peserta untuk selanjutnya di periksa olah pak Khalid Amrullah. Mudah-mudahan workshop ini dapat memotivasi anggota OPH SMA untuk rajin menulis minimal berita kegiatan sekolah.