Sambut UTS Genap Seluruh Siswa SMP Ar-Rohmah Potong Rambut

Ada penampilan berbeda dari para siswa SMP Ar-Rohmah hari-hari ini. Apabila dilihat dari jauh penampilan mereka seperti para tentara kecil yang sedang berjalan, berkumpul maupun makan bersama. Kenapa demikian….? Karena rambut mereka cepak semua seperti para tentara pada umumnya.

Yah… menjelang Ujian Tengah Semester (UTS) Genap 2012/2013 yang insya Allah akan dilaksanakan mulai 15 – 23 Maret 2013 mendatang seluruh siswa SMP Ar-Rohmah menjalani potong rambut berjamaa’h. Secara terjadwal dengan bergantian setiap siswa dari semua kelas bergiliran satu persatu dipotong rambutnya. Pihak sekolah bekerja sama dengan seorang tukang cukur untuk memotong cepak semua rambut siswa SMP Ar-Rohmah dengan ukuran yang telah ditentukan yaitu seperti ukuran rambut para tentara.

Pemotongan dilaksanakan di sekolah tepatnya di depan ruangadministrasi (TU) mengambil jam istirahat dan setelah habis makan siang. Gelak tawa sering terdengar dari kerumunan anak-anak yang antri di depan tukang cukur ketika melihat temannya wajahnya berbeda antara sebelum dan sesudah rambutnya dicukur. Tak jarang para gurupun ikut tersenyum melihat polah tingkah anak-anak tersebut.

Proses pemotongan dimulai dari kelas 9 terlebih dahulu. Sebagai “anak” tertua mereka memberi contoh kepada adik-adik kelasnya, disusul kemudian kelas 8 dan kelas 7. Dengan jumlah siswa mendekati 400 orang dibutuhkan sekitar 4 hari bagi tukang cukur untuk menyelesaikan seluruh “kepala” siswa SMP ar-Rohmah.

Menurut kurikulum SMP Ar-Rohmah, Ust. Suwanto, pemotongan rambut berjama’ah ini akan rutin dilaksanakan setiap menjelang UTS dan UAS. Targetnya anak-anak berpenampilan rapi, dan memiliki semangat tinggi mengahadapi ujian dengan penampilan rambut yang baru. Semoga harapan beliau tercapai sehingga nilai UTS genap siswa-siswa SMP Ar-Rohmah kali ini jauh lebih baik dari sebelum-sebelumnya. Amiiin.