SMP Ar-Rohmah Mengikuti Rapat kerja nasional Pendidikan Hidayatullah

Dalam upaya meningkatkan kualitas standard pendidikan di LPI Hidayatullah, Departemen Pendidikan PP Hidayatullah melakukan rapat kerja nasional (rakernas) 2013 di Surabaya. Bertempat di asrama haji Sukolilo Surabaya rakernas pendidikan Hidayatullah dilaksanakan pada 7-10 Maret 2013. Tidak kurang 200 peserta mengikuti rakernas kali ini. Tema besar yang diusung adalah “Selamatkan Indonesia dengan Pendidikan Integral Hidayatullah”.

Menurut Ust. Ali Imron, ketua Departemen Pendidikan PP Hidayatullah, tema tersebut dipilih menginggat kondisi sosial politik bangsa Indonesia saat ini sudah sedemikian mengkhawatirkan. Tanda-tanda kehancuran peradaban bangsa ini sangat-sangat jelas. Pendidikan Hidayatullah yang tersebar diseluruh Indonesia diharapkan mampu tampil sebagai penyelamat bangsa, dan itu adalah tugas mulia bagi seluruh pengelola pendidikan di Hidayatullah.

Acara rakernas di buka oleh ketua Pimpinan Pusat Hidayatullah Ust. Abdul Manan tepat pukul 8 pagi Jum’at 8 Maret 2013. Dalam sambutanya beliau menginggatkan kembali tujuan keberadaan lembaga Hidayatullah di tengah-tengah masyarakat. Hidayatullah merupakan gerakan kultural untuk memperbaiki Indonesia dengan manhaj Sistematika Nuzulnya Wahyu (SNW). Manhaj SNW merupakan panduan bagi seluruh aktifis di Hidayatullah dalam setiap aspek lembaga yaitu pendidikan, dakwah, sosial dan ekonomi.

Selain acara internal konsolidasi dan sosialisasi program-program di lingkungan Departemen Pendidikan Hidayatullah, acara rakernas juga menghadirkan beberapa pakar pendidikan untuk berdiskusi dan berbagi informasi dengan para peserta rakernas. Diantara pembicara yang tampil adalah DR. Wahono staff ahli menteri pendidikan nasional. Beliau memaparkan tentang kurikulum 2013; mulai latar belakang, proses penyusunan serta implementasinya di lapangan.

Pembicara tamu lainnya adalah DR Rosida perwakilan ADNI Internasional School Malasyia. DR Rosida memaparkan tentang kondisi sekolah-sekolah unggulan di Malasyia dan persiapan yang harus dilakukan untuk membangun jaringan dengan sekolah-sekolah di luar negeri. Ada juga kepala MAN 3 Malang DR. Ahmad Hidayatullah dan mantan kepala MA Insan Cendikia Serpong. Beliau memaparkan tentang bagaimana manajemen pengelolaan sekolah bermutu.

Untuk internal sekolah-sekolah di lingkungan Hidayatullah ada dua hal baru yang disosialisakan. Kedua hal itu adalah sosialisasi program kurikulum kaderisasi Pandu Hidayatullah jasadiyah dan sosialisasi revisi kurikulum diniyyah SD. Banyak terjadi diskusi menarik ketika tim pendidikan Hidayatullah pusat menyampaikan kedua materi tersebut.

Setelah seluruh rangkaian acara ditutup oleh ust. Tasyrif Amin mewakili Ust Abdul Manan. Beliau mengapresiasi seluruh pihak sehingga rakernas pendidikan Hidayatullah 2013 berlangsung dengan lancar dan sukses. Beliau juga berharap agar seluruh tim pendidikan Hidayatullah dari pusat hingga daerah senantiasa istiqomah bekerja keras mendidik para santri untuk menjadi kader Hidayatullah dan kader Islam untuk menegakkan syariat Allah swt di bumi Indonesia dan dunia pada waktunya.

SMP Ar-Rohmah Malang mengirim dua orang untuk mengikuti kegiatan rakernas pendidikan Hidayatullah yaitu kepala sekolah ust. Syarif Hidayatullah dan kurikulum ust. Suwanto. Disamping beliau berdua ada juga ust. Fahmi Ahmad dari SMA Ar-Rohmah dan dua orang dari kepesantrenan yaitu ust. Nur Ihsan dan ust. Jumari. Semoga ada ilmu dan spirit baru dari beliau semua untuk ditransfer kepada civitas akademika di Malang supaya LPI ar-Rohmah semakin baik lagi. Amiiin..