Go English in SMP Ar-Rohmah!

Sebagai sekolah yang ingin melahirkan siswa dengan kemampuan bersaing secara nasional dan internasional dalam bidang ilmu pengetahuan SMP Ar-Rohmah tidak melupakan kemampuan berbahasa asing peserta didiknya. Dalam unit sekolah terdapat tim khusus untuk menangani bahasa yaitu PKBA kepanjangan dari program khusus bahasa Asing. Target utama mereka adalah menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi keseharian di area SMP Ar-Rohmah pada jam sekolah.Untukbahasa Arab menjadi program pihak asrama untuk diterapkan di wilayah dan jam asrama.

Diantara upaya yang dilakukan adalah pemberian kosa kata setiap pagi selama 15 menit yang biasa disebut English Morning.Bentuk kegiatan ini adalah setiap kelas akan dipandu seorang English Mover (penggerak bahasa inggris) untuk melafadzkan dan menghafalkan 5-10 kosa kata setiap hari.Anggota English Mover adalah siswa-siswa yang memiliki kemauan untuk mempraktekkan dan meningkatkan kemampuan bahasa inggrisnya. Mereka telah menjalani beberapa tahap seleksi dari guru-guru penanggung jawab PKBA sebelum diterima menjadi tim English Mover.

Untuk meningkatkan motivasi dan tahapan terwujudnya area sekolah berbahasa Inggris, tim PKBA dan English Mover membuat program baru pada bulan Maret ini. Program itu adalah adanya kewajiban bagi anggota English Mover untuk berbahasa Inggris dengan anggota English Mover lainnya. Juga kewajiban seluruh anggota English Mover untuk berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dengan setiap guru/asatidz.

Guru atau asatidz akan mengenali siapa saja English Mover dari atribut yang mereka pakai yaitu rompi bertuliskan English Mover. Tentunya ada reward dan punishmet yang diberikan bagi anggota English Mover jika melanggar peraturan yakni tidak menggunakan bahasa Inggris ketika berkomunikasi sesama mereka ataupun dengan para guru/asatidz.

MenurutUst.Muhammad Rifa’I program dari PKBA dan English Mover adalah nanti pada bulan April sudah ada pemberlakuan kewajiban berbahasa Inggris pada wilayah tertentu dan hari tertentu bagi seluruh warga SMP Ar-Rohmah, guru maupun siswa. Semoga tujuan mulia tersebut mendapat ridho dan bantuan dari Allah swt sehingga berhasil dengan memuaskan. Allahu Akbar!